Penggunaan WHICH

Posted by Rama Van Basten under

Relative pronoun which dapat digunakan untuk membuat kalimat tanya (interrogative), noun clause dan adjective clause. Sama dengan penggunaan whose, which dalam kalimat tanya dan noun clause juga langsung diikuti oleh noun (i.e. which noun atau which one), dan artinya adalah “noun yang mana“. Dalam adjective clause, which tidak diikuti oleh noun, dan dalam hal ini, which diterjemahkan menjadi “yang“. Which tidak pernah digunakan untuk menanyakan atau menggantikan orang.

A. Penggunaan WHICH dalam kalimat tanya

Untuk membuat kalimat tanya dan jika yang ditanyakan adalah subject kalimat, kita dapat gunakan pola berikut:

Which noun + verb + …?

Which one + verb + …?

Which one digunakan jika nounnya sudah pernah disebutkan atau sudah pernah diacu sebelumnya. Jika nounnya belum pernah disebutkan sebelumnya sebaiknya gunakan which noun agar lawan bicara tidak bingung benda yang mana yang anda tanyakan.

Contoh:

  1. Which bank got robbed? (Bank yang mana yang dirampok?).
  2. Which candidate will win the contest? (Kandidat yang mana yang akan memenangkan kontes?).
  3. Which books are on sale now? (Buku-buku yang mana yang diobral sekarang?).
  4. Which countries have been considered as developed ones? (Negara-negara yang mana yang telah dianggap negara-negara maju?).
  5. Which juice is mine? (Jus yang mana jusku?).
  6. Which homework must be done now? (PR yang mana yang harus dikerjakan sekarang?)

Dari contoh kalimat di atas dapat kita lihat bahwa noun yang mengikuti which dapat berupa singular noun (benda tunggal. Lihat contoh 1-2), plural noun (benda jamak. Lihat contoh 3-4), dan uncountable noun (benda tak dapat dihitung. Lihat contoh 5-6).

Misalkan sekarang, semua nouns pada keenam contoh kalimat di atas sudah pernah disebutkan sebelumnya, maka nounnya dapat kita ganti dengan one jika noun tersebut singular dan uncountable , atau diganti dengan ones jika noun tersebut plural.

  1. Which one got robbed? (Bank yang mana yang dirampok?).
  2. Which one will win the contest? (Kandidat yang mana yang akan memenangkan kontes?).
  3. Which ones are on sale now? (Buku-buku yang mana yang sedang diobral sekarang?).
  4. Which ones have been considered as developed countries? (Negara-negara yang mana yang telah dianggap negara-negara maju?).
  5. Which one is mine? (Jus yang mana jusku?).
  6. Which one must be done now? (PR yang mana yang harus dikerjakan sekarang?)

Sebaliknya, jika yang ditanyakan adalah object kalimat, kita gunakan pola berikut:

Which noun + auxiliary/kata bantu + subject + verb + …?

Which one + auxiliary/kata bantu + subject + verb + …?

Contoh:

  1. Which language do you prefer to study, English or Japanese? = Which one do you prefer to study, English or Japanese? (Bahasa yang mana yang kamu lebih suka pelajari, Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang?).
  2. Which juice did you just drink? = Which one did you just drink? (Jus yang mana yang kamu minum tadi?).
  3. Which places will you choose for your vacation? = Which ones will you choose for your vacation? (Tempat-tempat yang mana yang akan kamu pilih untuk liburanmu?).

Seperti kita lihat, jika yang ditanyakan adalah object kalimat maka kita butuh auxiliary atau kata bantu dan menempatkannya sebelum subject kalimat (inversi) . Sebaliknya, jika yang ditanyakan adalah subject kalimat maka kita tidak butuh adanya inversi. Cara membuat kalimat tanya telah dibahas dengan panjang lebar pada topik : How to Address Questions.

B. Penggunaan WHICH dalam noun clause

Pola penggunaan which noun atau which one dalam noun clause pada prinsipnya sama dengan pola pada kalimat tanya.

  1. I’d like to know which bank got robbed. (Aku ingin tahu bank yang mana yang dirampok). Noun clause sebagai object kalimat.
  2. Can you predict which candidate will win the contest? (Dapatkah memprediksi kandidat yang mana yang akan memenangkan kontes?). Noun clause sebagai object kalimat.
  3. I am wondering which books are on sale now. (Aku ingin tahu buku-buku yang mana yang sedang diobral sekarang). Noun clause sebagai object kalimat.
  4. Which countries have been considered as developed ones can be read on Chapter three. (Negara-negara yang mana yang telah dianggap negara-negara maju dapat dibaca pada Bab 3). Noun clause sebagai subject kalimat.
  5. We put the two glasses so close that we don’t know which juice is mine and which juice is his. (Kami menaruh kedua gelas (berisikan jus) begitu dekat sehingga kami tidak tahu jus yang mana jusku dan jus yang mana jus dia).
  6. I can’t decide which homework must be done now. (Aku tidak dapat memutuskan PR yang mana yang harus dikerjakan sekarang?).
  7. My father always asks me which language I prefer to study. (Ayahku selalu bertanya kepadaku bahasa yang mana yang aku lebih suka pelajari).
  8. I want to make sure which juice you just drank. (Jus yang mana yang kamu minum tadi?).
  9. Please tell me which places you will choose for your vacation! = Which ones will you choose for your vacation? (Katakan padaku tempat-tempat yang mana yang akan kamu pilih untuk liburanmu?).

Dengan menggantikan noun setelah which dengan one atau ones (jika nounnya plural) maka diperoleh kalimat-kalimat berikut:

  1. I’d like to know which one got robbed. (Aku ingin tahu bank yang mana yang dirampok). Noun clause sebagai object kalimat.
  2. Can you predict which one will win the contest? (Dapatkah memprediksi kandidat yang mana yang akan memenangkan kontes?). Noun clause sebagai object kalimat.
  3. I am wondering which ones are on sale now (Aku ingin tahu buku-buku yang mana yang sedang diobral sekarang). Noun clause sebagai object kalimat.
  4. Which ones have been considered as developed ones can be read on Chapter three? (Negara-negara yang mana yang telah dianggap negara-negara maju dapat dibaca pada Bab 3). Noun clause sebagai subject kalimat.
  5. We put the two glasses so close that we don’t know which one is mine and which juice is his? (Kami menaruh kedua gelas (berisikan jus) begitu dekat sehingga kami tidak tahu jus yang mana jusku dan jus yang mana jus dia).
  6. I can’t decide which one must be done now? (Aku tidak dapat memutuskan PR yang mana yang harus dikerjakan sekarang?)
  7. My father always asks me which one I prefer to study. (Ayahku selalu bertanya kepadaku bahasa yang mana yang aku lebih suka pelajari).
  8. I want to make sure which one you just drank. (Aku ingin meyakinkan jus yang mana yang kamu minum tadi?).
  9. Please tell me which ones you will choose for your vacation! (Katakan padamu tempat-tempat yang mana yang akan kamu pilih untuk liburanmu?).

Dan jika kita perhatikan (khususnya contoh 7-9), kalimat tanya berubah menjadi kalimat positif (affirmative) atau juga dalam kalimat negatif, jika digunakan sebagai noun clause. Inilah yang disebut dengan embedded question yang telah banyak dibahas pada topik: Cara Membuat Embedded Questions. Dan cara membuat noun clause dapat dibaca pada topik: Noun clauses.

C. Penggunaan WHICH dalam adjective clause

Dalam adjective clause, which hanya dapat digunakan untuk menggantikan benda. Which tidak pernah digunakan untuk menggantikan orang walaupun dalam informal speaking sekali pun.

Pola penggunaan which dalam adjective clause (relative clause) adalah sebagai berikut:

which + verb +… (jika which menggantikan subject kalimat)

which + subject + verb +… (jika which menggantikan object kalimat)

Yang juga perlu diperhatikan ketika menggunakan which dalam adjective clause adalah tipe benda yang digantikannya atau diacunya. Jika benda yang digantikannya atau diacunya singular dan uncountable maka verb yang mengikuti which juga harus singular, sebaliknya jika benda yang digantikannya atau diacunya plural (jamak) maka verb yang mengikuti which juga harus plural.

Contoh:

  1. The books which were on sale last week have been sold out. (Buku-buku yang diobral minggu lalu telah terjual habis). Which menggantikan plural noun: the books.
  2. The photos which you gave me twenty-five years ago still look good in my photo album. (Foto-foto yang kamu berikan aku 25 tahun yang lalu masih tampak bagus di album fotoku).
  3. The book which is on the table is mine. (Buku yang di atas meja itu adalah bukuku). Which menggantikan singular noun: the book.
  4. We are studying sentences which contain adjective clauses. (Kita sedang mempelajari kalimat-kalimat yang mengandung adjective clause).
  5. The movie which we saw last week wasn’t very good.

Kelima contoh kalimat ini mengandung restrictive clause, yaitu adjective clause yang tidak dapat dihilangkan dari kalimat, sebab kalau dihilangkan makna kalimatnya menjadi berubah atau menimbulkan pertanyaan bagi lawan bicara. Dalam hal ini, which dapat digunakan secara interchangable dengan THAT.

  1. The books that were on sale last week have been sold out. (Buku-buku yang diobral minggu lalu telah terjual habis).
  2. The photos that you gave me twenty-five years ago still look good in my photo album. (Foto-foto yang kamu berikan aku 25 tahun yang lalu masih tampak bagus di album fotoku).
  3. The book that is on the table is mine. (Buku yang di atas meja itu adalah bukuku).
  4. We are studying sentences that contain adjective clauses. (Kita sedang mempelajari kalimat-kalimat yang mengandung adjective clause).
  5. The movie that we saw last week wasn’t very good.

Tetapi, which dan that tidak interchangable pada nonrestrictive clause, yaitu adjective clause yang hanya memberi informasi tambahan yang tidak begitu penting kepada noun yang diterangkannya. Jika dihilangkan dari kalimat, makna kalimatnya tidak berubah dan tidak menimbulkan pertanyaan atau tidak membuat lawan bicara bingung.

Contoh:

  1. The fish, which cannot survive without water, should be kept underwater all the time. (Ikan itu, yang tidak dapat hidup tanpa air, harus selalu berada di dalam air).
  2. Sea water, which is salty, is where sea weeds grow. (Air laut, yang rasanya asin, adalah tempat rumput laut tumbuh).
  3. A horse, which has four legs, runs faster than a man, who has two legs.

Ajective clause pada ketiga contoh ini adalah nonrestrictive clause (perhatikan: adjective clause ini diletakan di antara koma pembuka dan koma penutup). Dalam hal ini, which tidak dapat digantikan dengan that.

0 komentar:

GREEN DAY VIDEO

My Blog List

Popular Posts

Pengikut