British and American English

Posted by Rama Van Basten under
Dibawah ini adalah beberapa contoh perbedaan Vocabulary antara Bahasa Inggris Inggris (BE) dan Bahasa Inggris Amerika (AE). Selain Vocabulary, perbedaan antara British English dan American English adalah berhubungan dengan Spelling dan Grammar.

  • Anywhere (BE)
  • Anyplace (AE)
  • Autumn (BE)
  • Fall (AE)
  • Barrister (BE)
  • Attorney (AE)
  • Beeper, pager (BE)
  • Beeper (AE)
  • Bill (restaurant) (BE)
  • Check (AE)
  • Biscuit (BE)
  • Cookie (AE)
  • Block of flats (BE)
  • Apartment building (AE)
  • Bonnet (BE)
  • Hood (AE)
  • Boot (of car) (BE)
  • Trunk (of automobile) (AE)
  • Car (BE)
  • Automobile (AE)
  • Caravan (BE)
  • Trailer (AE)
  • Chemist (BE)
  • Drugstore (AE)
  • Chest of drawers (BE)
  • Bureau (AE)
  • Chips (BE)
  • French fries (AE)
  • Chocolate bar (BE)
  • Candy bar (AE)
  • The cinema (BE)
  • The movies (AE)
  • Clothes peg (BE)
  • Clothespin (AE)
  • Coffin (BE)
  • Casket (AE)
  • Condom (BE)
  • Rubber (AE)
  • Crisps (BE)
  • Potato chips (AE)
  • Crossroads (BE)
  • Intersection (AE)
  • Cupboard (BE)
  • Closet (AE)
  • Cutlery (BE)
  • Silverware (AE)
  • Diversion (BE)
  • Detour (AE)
  • Drawing-pin (BE)
  • Thumbtack (AE)
  • Driving licence (BE)
  • Driver's license (AE)
  • Dummy (for babies) (BE)
  • Pacifier (AE)
  • Dustbin (BE)
  • Ashcan, garbage can, trashcan (AE)
  • Dustman (BE)
  • Garbage collector (AE)
  • Engine (BE)
  • Motor (AE)
  • Estate agent (BE)
  • Realtor (AE)
  • Film (BE)
  • Movie (AE)
  • Flat (BE)
  • Apartment (AE)
  • Flat tyre (BE)
  • Flat (AE)
  • Flyover (BE)
  • Overpass (AE)
  • Galoshes (BE)
  • Toe rubbers (AE)
  • Gear-lever (BE)
  • Gearshift (AE)
  • Girl guide (BE)
  • Girl scout (AE)
  • Ground floor (BE)
  • First floor (AE)
  • Handbag (BE)
  • Purse (AE)
  • Holiday (BE)
  • Vacation (AE)
  • Jam (BE)
  • Jelly (AE)
  • Jeans (BE)
  • Blue jeans (AE)
  • Jug (BE)
  • Pitcher (AE)
  • Lift (BE)
  • Elevator (AE)
  • Lorry (BE)
  • Truck (AE)
  • Luggage (BE)
  • Baggage (AE)
  • Mad (BE)
  • Crazy (AE)
  • Main road (BE)
  • Highway (AE)
  • Maize (BE)
  • Corn (AE)
  • Maths (BE)
  • Math (AE)
  • Mobile (phone) (BE)
  • Cellular (AE)
  • Motorbike (BE)
  • Motorcycle (AE)
  • Motorway (BE)
  • Freeway, expressway (AE)
  • Motorway (BE)
  • Freeway (AE)
  • Napkin (BE)
  • Napkin (AE)
  • Nappy (BE)
  • Diaper (AE)
  • Naughts and crosses (BE)
  • Tic-tack-toe (AE)
  • Pants (BE)
  • Shorts (AE)
  • Pavement (BE)
  • Sidewalk (AE)
  • Petrol (BE)
  • Gas, gasoline (AE)
  • The plough (BE)
  • Big dipper (AE)
  • Pocket money (BE)
  • Allowance (AE)
  • Post (BE)
  • Mail (AE)
  • Postbox (BE)
  • Mailbox (AE)
  • Postcode (BE)
  • Zip code (AE)
  • Postman (BE)
  • Mailman (AE)
  • Pub (BE)
  • Bar (AE)
  • Public toilet (BE)
  • Rest room (AE)
  • Puncture (BE)
  • Flat (AE)
  • Railway (BE)
  • Railroad (AE)
  • Return (ticket) (BE)
  • Round-trip (AE)
  • Reverse charge (BE)
  • Call collect (AE)
  • Ring road (BE)
  • Beltway (AE)
  • Road surface (BE)
  • Pavement (AE)
  • Roundabout (BE)
  • Traffic circle (AE)
  • Rubber (BE)
  • Eraser (AE)
  • Rubbish (BE)
  • Garbage, trash (AE)
  • Rubbish-bin (BE)
  • Garbage can, trashcan (AE)
  • Saloon (car) (BE)
  • Sedan (automobile) (AE)
  • Shop (BE)
  • Store (AE)
  • Single (ticket) (BE)
  • One-way (AE)
  • Solicitor (BE)
  • Attorney (AE)
  • Somewhere (BE)
  • Someplace (AE)
  • Spanner (BE)
  • Wrench (AE)
  • Spirits (BE)
  • Hard liquor (AE)
  • Sweets (BE)
  • Candy (AE)
  • Tap (indoors) (BE)
  • Faucet (AE)
  • Tap (outdoors) (BE)
  • Spigot (AE)
  • Taxi (BE)
  • Cab (AE)
  • Tea-towel (BE)
  • Dish-towel (AE)
  • Telly, TV (BE)
  • TV (AE)
  • Third-party insurance (BE)
  • Liability insurance (AE)
  • Timetable (BE)
  • Schedule (AE)
  • Tin (BE)
  • Can (AE)
  • Toll motorway (BE)
  • Turnpike (AE)
  • Torch (BE)
  • Flashlight (AE)
  • Trousers (BE)
  • Pants (AE)
  • Tube (train) (BE)
  • Subway (AE)
  • Underground (train) (BE)
  • Subway (AE)
  • Underpants (BE)
  • Shorts (AE)
  • Van (BE)
  • Truck (AE)
  • Vest (BE)
  • Undershirt (AE)
  • Waistcoat (BE)
  • Vest (AE)
  • Wallet (BE)
  • Billfold (AE)
  • Wellington boots (BE)
  • Rubbers (AE)
  • Whisky (BE)
  • Whiskey, scotch (AE)
  • Windscreen (BE)
  • Windshield (AE)
  • Zip (BE)
  • Zipper (AE)

Writing Essay: Outline (Step 4)

Posted by Rama Van Basten under
Garis besar essay itu adalah tubuh dari tulisan Anda. Hal ini dapat disajikan baik dalam bentuk diagram atau dalam bentuk urutan. Bentuk urutan memberi Anda kesempatan untuk mengevaluasi urutan penyajian ide-ide utama, untuk membuktikan logika presentasi Anda dan untuk tempat turun kesenjangan atau fakta yang tidak relevan untuk tugas Anda.

Outline yang baik harus terdiri dari:
  1. Pernyataan tesis Anda.
  2. Yang paling penting poin dari argumen Anda
  3. Sub-poin dari topik Anda.
  4. Bukti untuk setiap topik argumen.

Writing Essay: Memilih Topik Utama (Step 1)

Posted by Rama Van Basten under
Sebelum kita mulai menulis essay, kita harus memutuskan apa yang akan kita diskusikan dalam tulisan kita. Tidak penting apakah kita mempunyai beberapa topik yang akan kita gunakan, topik tersebut haruslah mampu menggambarkan atau menjelaskan ide pikiran kita. Dengan begitu, tulisan kita akan menjadi menarik untuk dibaca.

Ruang lingkup topik tersebut merupakan salah satu topik yang menarik untuk diperhatikan. Dengan begitu tulisan kita akan menarik untuk dibaca, tidak membosankan.

Jika pokok pikiran kita masih terlalu umum, maka sempitkanlah menjadi spesific. Hal ini bertujuan untuk memperjelas tulisan kita dan menghemat waktu untuk mendiskusikannya. Selain itu, pembaca akan focus pada permasalahan yang spesifik.

Setelah kita mendapatkan topik yang spesifik, pecah lagi menjadi beberapa pokok pikiran. Pecah ide utama kita tadi dengan beberapa pertanyaan yang akan membantu kita memecahkannya menjadi beberapa pokok pikiran. Perhatikan contoh di bawah ini. Kita akan mengambil topik "The Cats":

The cats
  1. Should I describe some specific specimen of cats, or the description of cats in general would be sufficient?
  2. What type of cats I would like to write about? Abyssinian? Oriental? Siberian?
  3. What qualities of cats should be investigated and what types of their behavior should be accessed?
  4. Second, there is a contradiction: though the topic should be limited, do not overdo it.
  5. An extremely narrowed topic can not make effective and efficient presentation.
  6. Your topic may be organized as the following:
  7. The subject investigated: The cats.
  8. The specific topic of the investigation:
  9. Problems with the basic health care for cats.

Writing Essay: Introduction (Step 5)

Posted by Rama Van Basten under
Beberapa orang tidak bisa memahami tujuan pendahuluan (introduction). bagian pengantar adalah bagian yang paling penting dari suatu tulisan. Pengantar yang Anda buat harus merebut dan mengesankan untuk membujuk pembaca untuk membaca lebih lanjut. Jika pengenalan ini membosankan dan biasa-biasa saja pembaca tidak akan melanjutkan membaca tulisan Anda.

Oleh karena itu, buatlah Pengantar tulisan Anda se menarik mungkin. Kita dapat memulai tulisan dengan permasalahan utama, yang bertujuan untuk mengajak pembaca langsung ikut atau terlibat dalam permasalahan utama.

Writing Essay: Doing Research (Step 3)

Posted by Rama Van Basten under
Bagi sebagian besar orang kata "penelitian" berarti surfing di internet mencari data apapun yang relevan dengan topik mereka. pendekatan tersebut tidak cocok untuk menulis tulisan formil yang baik. Pertama, karena internet tidak mengontrol kualitas informasi yang muncul pada layar Anda. Kedua (lebih penting), dalam banyak kasus mesin pencari tidak akan membawa Anda ke jenis informasi yang belum tentu benar. Jadi, bagaimana Anda bisa membuat yang terbaik dari penelitian Anda? Baca tips berikut ini yang akan membantu Anda untuk penelitian efisien. Proses penelitian melibatkan empat langkah:
  • Temukan informasi latar belakang subjek Anda. Setelah Anda mendefinisikan topik tulisan Anda, gunakan referensi dari daftar literatur yang direkomendasikan untuk tempat informasi latar belakang subjek Anda. Pertama melakukan beberapa bacaan awal bahan referensi umum, seperti ensiklopedia, kamus, atau sumber referensi lainnya.
  • Merencanakan dan pencarian. Dimana saya bisa mendapatkan informasi mengenai topik saya?
  1. Dalam buku atau dokumen pemerintah (menggunakan katalog perpustakaan untuk mencari tahu apa buku-buku dan dokumen tersebut tersedia)
  2. Dalam majalah (mencari indeks artikel untuk mengetahui apa yang artikel telah dipublikasikan.)
  3. Di Internet.
Tahap pengolahan ini menunjukkan banyak informasi dan menemukan bahan yang berkaitan dengan subjek Anda. Jadi Anda harus membaca ekstensif dari sumber yang datang. Tidak akan lelah dan bosan dengan melihat melalui informasi menggunakan rumus "SQ3R": Survey, Question, Read, Recall, Review.
  • Mengevaluasi informasi yang telah Anda temukan. Kualitas tulisan Anda tergantung pada sumber-sumber Anda yang digunakan untuk itu.
  • Mengidentifikasi dan mencakup fakta-fakta yang paling nyata dan meyakinkan dan bukti ke dalam tulisan Anda. Jangan gagal untuk mencatat sumber setiap kutipan yang akan Anda sertakan dalam esai Anda ketika Anda masih menjajaki informasi.

Writing Essay: Conclusion (Step 7)

Posted by Rama Van Basten under
Kesimpulan (conclusion) merupakan bagian akhir yang merangkum poin utama Anda. Ini adalah bagian akhir yang merangkum poin utama Anda. Bagian akhir Anda, kesimpulan, harus sesuai dengan Introduction. Gagasan utama yang harus disajikan kembali lagi (tidak harus diulang atau mengulangi dalam kata-kata yang sama). Kesimpulannya harus menekankan masalah wacana Anda. Perhatikan dengan gagasan utama yang disajikan dalam pendahuluan. Jika ide utama telah diubah atau dimodifikasi selama proses menulis esai, maka Anda harus merumuskan tesis Anda dalam kata pengantar.

Salah satu cara terbaik untuk menyajikan kesimpulan yang efektif adalah untuk menjelaskan bagaimana orang dapat menerapkan solusi Anda untuk gambar yang lebih besar. Kesimpulan yang tertanam dengan hampa dan generalisasi dapat melemahkan bagian akhir dari esai Anda.

Writing Essay: Brainstorming (Step 2)

Posted by Rama Van Basten under
Brainstorming adalah satu aktivitas yang efektif dan efisien untuk mengeluarkan ide-ide baru yang membawa kita pada suatu pemecahan suatu masalah. Brainstorming dapat dilakukan secara berkelompok atau sendirian.

Langkah selanjutnya adalah menggabungkan ide-ide yang kita peroleh dan buatlah beberapa topik, yang perlu sedikit pembahasan lebih mendalam. Kemudian klasifikasikan ide-ide yang relevan dan tidak relevan. Dengan begitu kita akan mendapatkan gambaran yang sedikit lebih jelas tentang essay yang akan kita tulis.

Perhatikan contoh prosesnya di bawah ini:
  1. Mulailah dari masalah yang ada yang harus diselidiki. Bagi banyak orang, masalah memiliki beberapa arti negatif. Tapi di sini, Anda harus menyajikan beberapa fakta yang harus dieksplorasi; bukan berarti harus yang negatif. Sebagai contoh: "The efficiency of Basic Health Care for Cats".
  2. Buat ide itu dengan jelas, sehingga setiap orang yang membacanya akan memahami apa yang ingin Anda katakan.
  3. Temukan sebanyak-banyaknya solusi dan jawaban atas masalah tersebut. Anda harus menuliskan semua solusi yang pernah terpikirkan sebelumnya, walaupun tampak aneh bagi Anda.
  4. Pilih beberapa (kira-kira lima atau enam) ide paling Anda sukai. Tetapkan beberapa kriteria yang memberikan jawaban terbaik untuk masalah tersebut. Kriteria dapat dimulai dengan kata "must" atau "should".
  5. Beri skor setiap ide (dari satu sampai lima misalnya), tergantung pada seberapa baik sesuai dengan kriteria tersebut. Setelah semua ide telah diberi skor, jumlah poinnya.
Ide dengan skor tertinggi sebenarnya adalah yang terbaik. Namun demikian, catatlah semua ide-ide, karena ide terbaik bahkan mungkin tidak bisa diterapkan di masa mendatang.

Jika Anda masih tidak dapat menemukan topik yang tepat, konsultasikan dengan tutor Anda, dia mungkin bisa membantu Anda.

Writing Essay: Body (Step 6)

Posted by Rama Van Basten under
Isi (body) dari essay adalah bagian utama dari tulisan Anda di mana Anda saat ini pikirkan dan buktikan. Setiap bagian isi memperkenalkan ide baru. Anda bisa mulai dengan menulis salah satu gagasan utama Anda dalam bentuk kalimat.

Tulisan Anda harus menyertakan bukti pendukung untuk mendukung ide-ide Anda. Dalam isi esai, Anda harus menunjukkan bahwa Anda telah memeriksa, meneliti topik Anda dan bahwa argumen Anda sudah wajar dan dapat diandalkan.

Setiap paragraf harus memiliki struktur yang sama:
  1. Buka dengan kalimat topik yang membawa gagasan utama paragraf.
  2. Tuliskan poin pendukung ide tersebut. Mereka akan menjadikan pikiran dan pernyataan meyakinkan sebanyak mungkin.
  3. Anda mungkin mencakup beberapa kalimat konklusif atau ringkasan, meskipun tidak wajib.

Useful Phrases for Business English

Posted by Rama Van Basten under
Menulis surat bisnis tidak dapat dilakukan dengan asal. Kita harus menggunakan istilah-istilah atau ungkapan-ungkapan yang umum yang sering digunakan dalam tulisan Business English. Di bawah ini kami akan memberikan contoh-contoh Phrase yang sering digunakan dalam Business English.

Salutation
  1. Dear Mr Brown
  2. Dear Ms White
  3. Dear Sir
  4. Dear Sirs
  5. Dear Madam
  6. Dear Sir or Madam
  7. Gentlemen
Starting
  1. We are writing to inform you that ...
  2. We are writing to confirm ...
  3. We are writing to request...
  4. We are writing to enquire about...
  5. I am contacting you for the following reason.
  6. I recently read/heard about... and would like to know...
  7. Having seen your advertisement in... , I would like to...
  8. I would be interested in (obtaining/receiving)...
  9. I received your address from ... and would like to...
  10. I am writing to tell you about ...
Referring to Previous Contact
  1. Thank you for your letter of March 15 ...
  2. Thank you for contacting us.
  3. In reply to your request ...
  4. Thank you for your letter regarding ...
  5. With reference to our telephone conversation yesterday ...
  6. Further to our meeting last week ...
  7. It was a pleasure meeting you in London last month.
  8. I enjoyed having lunch with you last week in Tokyo.
  9. I would just like to confirm the main points we discussed on Tuesday ...
Making a Request
  1. We would appreciate it if you would ...
  2. I would be grateful if you could...
  3. Could you please send me . . .
  4. Could you possibly tell us/let us have...
  5. In addition, I would like to receive ...
  6. It would be helpful if you could send us ...
  7. I am interested in (obtaining/receiving...)
  8. I would appreciate your immediate attention to this matter.
  9. Please let me know what action you propose to take.
Opering Help
  1. We would be happy to ...
  2. Would you like us to ...
  3. We are quite willing to ...
  4. Our company would be pleased to ...
Giving Good News
  1. We are pleased to announce that ...
  2. I am delighted to inform you that ...
  3. You will be pleased to learn that ...
Giving Bad News
  1. We regret to inform you that ...
  2. I'm afraid it would not be possible to ...
  3. Unfortunately we cannot/we are unable to ...
  4. After careful consideration we have decided (not) to ...
Complaining
  1. I am writing to express my dissatisfaction with ...
  2. I am writing to complain about ...
  3. Please note that the goods we ordered on (date) have not yet arrived.
  4. We regret to inform you that our order no... is now considerably overdue.
  5. I would like to query the transport charges which seem unusually high.
Apologizing
  1. We are sorry for the delay in replying ...
  2. I regret any inconvenience caused
  3. I would like to apologize for (the delay/the inconvenience) ...
  4. Once again, I apologize for any inconvenience.
Orders
  1. Thank you for your quotation of ...
  2. We are pleased to place an order with your company for ...
  3. We would like to cancel our order no...
  4. Please confirm receipt of our order.
  5. I am pleased to acknowledge receipt of your order no...
  6. Your order will be processed as quickly as possible.
  7. It will take about (three) weeks to process your order.
  8. We can guarantee delivery before ...
  9. Unfortunately these articles are no longer available/are out of stock.
Prices
  1. Please send us your price list.
  2. You will find enclosed our most recent catalogue and price list.
  3. Please note that our prices are subject to change without notice.
  4. We have pleasure in enclosing a detailed quotation.
  5. We can make you a firm offer of ...
  6. Our terms of payment are as follows :
Referring to Payment
  1. Our records show that we have not yet received payment of ...
  2. According to our records ...
  3. Please send payment as soon as possible.
  4. You will receive a credit note for the sum of ...
Enclosing Documents
  1. I am enclosing ...
  2. Please find enclosed ...
  3. You will find enclosed ...
Closing Remarks
  1. If we can be of any further assistance, please let us know
  2. If I can help in any way, please do not hesitate to contact me
  3. If you require more information ...
  4. For further details ...
  5. Thank you for taking this into consideration
  6. Thank you for your help.
  7. We hope you are happy with this arrangement.
  8. We hope you can settle this matter to our satisfaction.
Referring to Future Business
  1. We look forward to a successful working relationship in the future
  2. We would be (very) pleased to do business with your company.
  3. I would be happy to have an opportunity to work with your firm.
Referring to Future Contact
  1. I look forward to seeing you next week
  2. Looking forward to hearing from you
  3. Looking forward to receiving your comments
  4. I look forward to meeting you on the 15th
  5. I would appreciate a reply at your earliest convenience.
Ending Business Letters
  1. Sincerely, (for all customers/clients)
  2. Yours sincerely, (for all customers/clients)
  3. Sincerely yours, (for all customers/clients)
  4. Regards, (for those you already know and/or with whom you already have a working relationship.)

Tips Menulis Dalam Bahasa Inggris

Posted by Rama Van Basten under
Menulis dalam Bahasa Inggris bukanlah suatu hal yang sangat sulit. Hal yang paling penting yang harus kita ingat hanyalah kita harus menggunakan pola kalimat yang betul-betul standart, yaitu SPOK. Jika kita selalu berpedoman dengan pola ini, maka tentu saja kita tidak akan menghadapi kesulitan dalam menulis. Namun demikian, hal-hal lain yang harus kita perhatikan dalam menulis Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:
  1. Buatlah kalimat Anda sederhana dan jelas. Jangan gunakan banyak kalimat-kalimat yang rumit dipahami.
  2. Jangan membuat semua kalimat sama panjang.Lebih baik memvariasikan panjang kalimat. Ada yang pendek, dan ada yang panjang. Apabila kita dapat memotong suatu kalimat menjadi kalimat yang baru, maka lakukanlah.
  3. Lebih baik untuk menggunakan kalimat aktif, daripada kalimat pasif.
  4. Jangan gunakan singkatan kecuali Anda yakin bahwa pembaca akan mengerti.
  5. Hal ini lebih baik menggunakan kata benda dan kata kerja, bukan kata sifat dan kata keterangan.
  6. Gunakan kata-kata yang pembaca kenal. Jangan menggunakan kata-kata yang pembaca mungkin akan sulit mengerti.
  7. Gunakan istilah-istilah umum.
  8. Perhatikan tanda baca.
Semoga bermanfaat

Tips Membuat Kalimat

Posted by Rama Van Basten under
Dalam linguistik, kalimat adalah satuan dari bahasa, atau arus ujaran yang berisikan kata atau kumpulan kata yang memiliki pesan atau tujuan dan diakhiri dengan intonasi final. Berikut ini adalah tips untuk membuat kalimat.

Untuk membuat sebuah kalimat Anda membutuhkan 4 hal, yaitu:
  • Kalimat harus mengandung Makna yang dapat dimengerti.
  1. Cheese, car, house, table on Tuesday. (Ini bukan kalimat karena tidak mengandung makna)
  2. I parked my car next to my house. (Ini adalah kalimat, karena mempunyai makna yang dapat dimengerti)
  • Gunakan tanda baca dengan baik dan benar.
  • Kalimat yang baik setidaknya memiliki Subjek dan Predikat
  • Kalimat bisa saja pendek dan bisa juga terlalu panjang. Namun jika kalimat Anda terlalu panjang hingga beberapa baris, maka yakinkan bahwa Anda tidak menyatukan beberapa kalimat menjadi 1 kalimat.

Susunan Kata Dalam Kalimat

Posted by Rama Van Basten under
Agar kalimat yang kita gunakan punya arti dan dapat dimengerti dengan baik oleh pendengar atau pembaca, maka kita perlu menyusunnya dengan susunan yang baik dan benar. Susunannya adalah sebagai berikut:

Subject

Subject selalu berada di depan Kata Kerja dan berada di awal Kalimat.
  • She is my friend.
  • It is my bag.
  • The dog barked.
Pada Kalimat Tanya, Kalimat biasanya diawali dengan Auxiliary Verb yang diikuti dengan Subject.
  • Is she your friend?
  • Is it your bag?
  • Did the dog bark?
Object

Object normalnya berada setelah Kata Kerja.
  • He killed the snake.
  • I love my mother.
Kalau ada 2 Objek, letakkan Objek Tak Langsung di depan Objek Langsung.
  • She brought me a cup of coffee. (Indirect object - me, direct object - cup of coffee)
  • I told them a story. (Indirect - them, direct - story)
Adjective

Jika berfungsi sebagai Attributive, letakkan di depan Kata Benda yang dijelaskannya.
  • Few children came.
  • She is a beautiful girl.
  • He is a lazy boy.
Jika berfungsi sebagai Predicative, letakkan setelah Kata Kerja.
  • She is beautiful.
  • He is lazy.
Adverb

Adverb biasanya diletakkan berdekatan dengan kata yang diterangkannya.
  • He is a rather lazy boy.
  • I was pleasantly surprised.
Phrases and clauses

Frase dan Klausa seharusnya diletakkan berdekatan dengan kata-kata yang dijelaskannya.

  • She left the bread that was too hard to eat on the counter.
  • I bought a clock with crooked hands from the shop.
Catatan

Untuk penekanan, kita kadang-kadang perlu merubah susunan kalimat yang normal, misalnya Kata yang ingin kita tekankan, kita letakkan di awal kalimat.

Bandingkan:
  • Though he was intelligent, he couldn't solve the problem.
  • Intelligent though he was, he couldn't solve the problem. (Kita ingin menekankan kata intelligent.)
Ada juga kalimat yang diawali dengan Adverbs atau Adverb Phrase.
  • The annual examination will start tomorrow.
  • Tomorrow the annual examination will start.
  • The strong wind howled outside.
  • Outside, the strong wind howled.
  • I visited Paris during the summer.
  • During the summer, I visited Paris.
Jika kita ingin meletakkan Adverb atau Adverb Phrase di awal kalimat, maka gunakanlah koma.

Singkatan Dalam Business English

Posted by Rama Van Basten under
Berikut ini adalah daftar singkatan-singkatan dalam Business English. Semoga bermanfaat unutuk Anda.
  1. a/c (British English) = account
  2. acct. (American English) = account
  3. attn. = (for the) attention (of)
  4. B/E = bill of exchange
  5. B/L = bill of lading
  6. cc = carbon copy
  7. cf. = compare
  8. cfr. = cost and freight
  9. cif = cost, insurance, freight
  10. cip = carriage and insurance paid to
  11. C/N = credit note
  12. c/o = care of
  13. cod = cash on delivery
  14. Corp.= Corporation
  15. cpt = carriage paid to
  16. cwo = cash with order
  17. D/A = documents against acceptance
  18. ddp = delivery duty paid
  19. ddu = delivery duty unpaid
  20. des = delivered ex ship
  21. DN = debit note
  22. D/P = documents against payment
  23. enc(s) = enclosure(s)
  24. EXW = ex works
  25. fob = free on board
  26. for = free on rail
  27. Inc = Incorporated (US)
  28. L/C = letter of credit
  29. Ltd = limited
  30. p&p = postage and packing
  31. p.p. * = on behalf of
  32. pto = please turn over
  33. re = with reference to, regarding
  34. RRP = recommended retail price
  35. SAE = stamped addresses envelope
  36. VAT = Value Added Tax
  37. ZIP= (code zone of improved delivery (US)

    * (lat.: per procurationem)

Salam Penutup Dalam Business Letter

Posted by Rama Van Basten under
Salam Penutup sangat berhubungan erat dengan Salam Pembuka. Biasanya ada beberapa aturan main yang harus kita perhatikan. Penyajiannya juga berbeda antara British English dan American English seperti penjelasan berikut ini:

British English
  1. Jika Anda memakai nama penerima surat pada Salam Pembuka, maka salam penutupnya adalah "Yours sincerely" atau "Sincerely yours".
  2. Jika Anda tidak menggunakan nama penerima pada Salam Pembuka, maka Salam Penutupnya adalah "Yours faithfully" atau "Faithfully yours".
American English

Gunakan "Sincerely" atau "Sincerely yours", untuk semua kasus, yaitu mau Anda gunakan nama penerima ataupun tidak.

Dalam Email, Anda dapat gunakan berikut ini untuk Salam Penutupnya:
  1. Regards
  2. Kind regards
  3. Best wishes
Semoga berguna.

Salam Pembuka Dalam Business Letter

Posted by Rama Van Basten under
Di bawah ini akan kami jelaskan tata cara penulisan Salam Pembuka dalam aturan Business Letter dalam Bahasa Inggris. Ingat sekali lagi, kita harus konsisten, kalau tanggal, dalam gaya British English, maka keseluruhan surat harus dalam gaya yang sama. Begitu juga sebaliknya.
  • Jika Anda tahu nama orangnya:
Dear Ms / Miss / Mrs / Mr / Dr + Marga

Contoh: Dear Mr Miller

Anda juga dapat menuliskan nama lengkapnya, namun kita harus menghilangkan gelarnya (Mr/Mrs). Hal ini sangat berguna apabila Anda tidak mengetahui jenis kelaminnya.

Contoh: Dear Chris Miller
  • Jika Anda tidak tahu nama orangnya:
Ada beberapa cara untuk menuliskan Salam Pembuka apabila Anda tidak tahu nama orang yang Anda tuju, yaitu seperti di bawah ini:

a. British English
  1. Dear Sir / Dear Sirs = Jika penerimanya laki-laki
  2. Dear Madam = Jika penerimanya perempuan
  3. Dear Sir or Madam = Jika penerimanya tidak diketahui jenis kelaminnya
b. American English
  1. Gentlemen = Jika penerimanya laki-laki
  2. Ladies = Jika penerimanya perempuani
  3. Ladies and Gentlemen = Jika penerimanya tidak diketahui jenis kelaminnya, atau
  4. To whom it may concern = Jika penerimanya tidak diketahui jenis kelaminnya
TANDA BACA

Pada British English, jangan gunakan tanda baca apapun, atau Anda dapat menggunakan koma
  1. Dear Mr Miller
  2. Dear Mr Miller,
Pada American English, gunakan tanda baca "titik dua"
  1. Dear Mr. Miller:

Posisi Tanggal Dalam Business Letter

Posted by Rama Van Basten under
Tanggal Surat merupakan salah satu komponen penting yang harus dimasukkan dalam sebuah Business Letter. Hal yang perlu diingat dalam penyajian Business Letter adalah konsistensi kita dalam menggunakan gaya Bahasa Inggris kita, apakah British English atau American English, termasuk penulisan tanggal.

Di bawah ini akan kami berikan deskripsi tentang letak tanggal dalam sebuah Business Letter. Perhatikan dengan seksama.

British English



American English


Posisi Pengirim Dalam Business Letter

Posted by Rama Van Basten under
Jika Anda menulis alamat dalam Surat Resmi, maka hal-hal yang perlu Anda masukkan adalah nomor rumah, jalan, Kode Pos, kota, negara dan nomor telepon. Namun cara ini berlaku untuk Penulisan orang sana. Kita dapat memodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

Ada baiknya kita juga perlu tahu, bagaimana penempatan Pengirim dalam Business Letter.

British English

Pada British English, alamat diletakkan di sudut kanan atas seperti contoh di bawah ini:



American English

Pada American English, alamat pengirim diletakkan di:
  1. Sebelah kiri, di bawah tanggal, atau
  2. Di akhir surat, di bawah tanda tangan
Perhatikan contoh berikut ini:



Posisi "Perihal" Dalam Business Letter

Posted by Rama Van Basten under
Tujuan dari penulisan "Perihal" adalah agar si penerima surat mendapat gambaran tentang apa sebenarnya surat yang ia terima. Ada 3 (tiga) hal yang perlu Anda perhatikan dalam penulisan Perihal, yaitu:
  1. Gunakan "Subject:" atau "Re:"
  2. Tuliskan perihalnya dalam "Cetak Tebal"
  3. Tulis Perihal dalam Huruf Besar
Perhatikan perbedaan penulisan "Perihal" antara British English dan American English seperti di bawah ini:

a. British English

Letaknya antara Salam Pembuka dan Isi Surat, seperti di bawah ini:



b. American English

Letaknya sebelum salam pembuka, seperti di bawah ini:



Catatan:

2 Gambar di atas hanya deskripsi, Anda harus mengingat ketiga hal di atas.

Persuasive Paragraph

Posted by Rama Van Basten under
Persuasive Paragraph (Paragraf Persuasif) adalah paragraf yang bertujuan untuk membujuk orang lain untuk mengambil tindakan tertentu atau mengadopsi sudut pandang tertentu. Di bawah ini adalah contoh Persuasive Paragraph:

As a senior at Patrick Henry High School, I've noticed that the greatest problem facing public schools is large class size. For the past three years, certain circumstances have allowed me to attend smaller classes in English and history. Now the pilot program is over, and I am once again enrolled in regular-size classes. Comparing the former experience with my current situation, in which my English class is comprised of more than 40 students, the advantages of smaller classes become readily apparent. In my current English class, effective teaching and learning have been sacrificed to the administrative advantage of fewer classes holding greater numbers of students. Although in terms of test scores the class has been deemed successful, student participation in such a large class is limited to a select few; individual conferences with the teacher are hard to get due to the sheer number of students; and papers take weeks to get graded. In smaller classes, however, it has been my experience that all students participate, classes are more focused and on task, and the teacher develops a closer relationship to the students. These factors allow students to learn and develop their abilities. They also allow teachers to effectively critique their students' work. Moreover, in small classes, students can develop working relationships with one another-a camaraderie nonexistent in larger classes. If the public school system were to cut class size in half, to approximately 15 to 20 students each, the benefits would manifest themselves immediately. If we wish to improve the level of education in public schools today, we must reduce class size.

Panduan Menulis Surat Bisnis (Formal)

Posted by Rama Van Basten under
Seperti telah dijelaskan bahwa menulis surat bisnis atau surat yang bersifat formal, kita harus menggunakan kaedah-kaedah yang standart dalam penulisan Business English dalam Bahasa Inggris. Di bawah ini sedikit tips untuk Anda bagaimana membuat surat bisnis yang baik dan benar:
  • Rencana sebelum Anda menulis.
  1. Perhatikan betul kata-kata yang Anda butuhkan sebelum Anda mulai.
  2. Catat point-point yang Anda ingin buat, dan susun dengan sistematis
  • Nada
Nada harus ramah dan sopan.
  • Nama
  1. Pastikan Anda memeriksa jenis kelamin si penerima serta ejaan yang benar dari nama seseorang dan Titelnya.
  2. Gunakan Ms untuk perempuan dan Mr untuk laki-laki.Anda dapat menggunakan Mrs untuk wanita jika Anda 100% yakin bahwa dia sudah menikah.
  • Tanggal
Untuk menghindari kebingungan, tulis bulan daripada menggunakan nomor. (Umpamanya January 15th, 2010, or 15 January 2010)
  • Ringkas dan Jelas
Semakin mudah untuk memahami isi surat, semakin baik.
  1. Jauhkan kalimat dan paragraf singkat dan sederhana.
  2. Gunakan kata yang tidak mempunyai makna ganda untuk menghindari kesalahpahaman.
  3. Ajukan pertanyaan secara langsung.
  4. Tulis ulang setiap kalimat yang tidak tampak jelas.
  5. Jika penerima bukan Native Speaker, lebih baik gunakan kata atau istilah umum dan tidak rumit
Ingat prinsip ini urutan kata:

Who - Does - What - How - Where - When
(Subject - Verb - Object - Manner - Place - Time)

Contoh:
  1. Mr. Brown will travel by plane to London on Monday, June 5th.
  2. A technician will install the equipment in your office on Tuesday morning.
  3. I will confirm the transport arrangements as soon as possible.
  • Hindari kata-kata kuno
Meskipun kata-kata seperti 'herewith', 'hereby', 'herein', 'aforementioned', etc dapat digunakan dalam Surat Bisnis, namun usahakan untuk menghindarinya. Kalimat di bawah ini akan lebih baik daripada kalimat kedua:
  1. You will find more information on our products in the enclosed brochure.
  2. I herewith enclose a brochure of our products.

Notice of Promotion

Posted by Rama Van Basten under
Notice of Promotion adalah sebuah surat yang berisi tentang promosi jabatan seseorang dalam pekerjaannya. Notice of Promotion berisi tentang tanggal efektif kapan seseorang dipromosikan. Kemudian pada paragraf selanjutnya, Notice of Promotion menjelaskan mengapa seseorang tersebut dipromosikan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh Notice of Promotion di bawah ini:

_____________________________________________________

Northern Bearings Ltd.,
3 Dorchester Place,
9400 Patriot Boulevard
Ville de Brossard, QC
H3H 2C2

December 14, 2006

To: All Customers and Employees

It gives me great pleasure to advise you that William Strongarm, New England Sales Manager, has been promoted to the newly created position of Western Zone Sales Manager effective January 1st.

The creation of this new position reflects the rapid growth that Northern Bearings Ltd. has undergone in recent years and a determination to further develop our western markets. William is well suited to the challenge and brings demonstrated management skills and a record of achievement to his new and challenging position. He will be located in our Kansas City Office.

Yours truly,


Alvin Finch,
National Sales Manager

Narative Paragraph

Posted by Rama Van Basten under
Narative Paragraph (Paragraf Narasi) adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam sebuah tulisan yang rangkaian peristiwa dari waktu ke waktu dijabarkan dengan urutan awal, tengah, dan akhir. Ada dua jenis narasi, yaitu Narasi informatif dan Narasi artistik. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan contoh paragraf Narasi di bawah ini:

Yesterday evening I got home from work at 6 o'clock. My wife had prepared dinner which we ate immediately. After I had cleaned up the kitchen, we watched TV for about an hour. Then we got ready to go out with some friends. Our friends arrived at about 9 o'clock and we chatted for a while. Later we decided to visit a jazz club and listen to some music. We really enjoyed ourselves and stayed late. We finally left at one o'clock in the morning.

Letter of Resignation

Posted by Rama Van Basten under
Letter of Resignation (Surat Pengunduran Diri) adalah surat pengunduran diri yang ditulis untuk mengumumkan maksud penulis untuk meninggalkan posisi saat ini dijabat, seperti bekerja di kantor, pabrik atau yang lainnya. Surat ini biasanya menyertakan ucapan terima kasih karena mempekerjakan kita.

Berikut ini adalah contoh surat Pengunduran Diri:
___________________________________________________________

22 Tufton Street
London, SW1P 3TL
Tel: 020 7593 1760

November 1st, 2007

Josie Waters
Fielders Pharmacy
14 Broadway
London, SE1 7DG

Dear Mrs. Waters,

I am writing to provide formal notice of my resignation from Fielders Pharmacy. My last day will be November 14th, 2006.

I trust that two weeks is sufficient notice for you to find a replacement for my position. I would be pleased to help train the individual you choose to take my place.

Thank you for employing me for the past three years. My experience as clerk, supervisor, and floor manager has been very positive and I'm confident that I will use many of the skills I have learned at Fielders in the future.

If you have any concerns, please contact me at my personal email address.

All the best,


Annie Wright
awright@homemail.com

Letter of Reference

Posted by Rama Van Basten under
Letter of Reference adalah surat di mana penulis membuat penilaian umum kualitas, karakteristik, dan kemampuan seseorang, atau mengkonfirmasi rincian tentang situasi individu atau keadaan. Letter of Reference (Surat Referensi) berbeda dari surat rekomendasi dalam arti bahwa mereka biasanya lebih bersifat umum dan tidak biasanya ditujukan kepada seorang pemohon tertentu.

Berikut ini adalah contoh dari Letter of Reference
________________________________________________________

A.N.Y. Company Ltd
69 Any Street, Anyville, Anystate
Tel: 0123456789

April 1, 2010

To Whom It May Concern:

Reference for Mr James Blond

James Blond joined the A.N.Y. Company in July 1998. Since then he has proved to be a most reliable and effective member of the sales team.

James is professional and efficient in his approach to work and very well-liked by his colleagues and executive clients. He is well-presented and able to work both independently and as part of a team.

His contribution to all areas of company activity in which he has been involved have been much appreciated.

I believe that James will make a valuable addition to any organization that he may join. We deeply regret his decision to move on and I recommend him without hesitation.

I would gladly answer any request for further information.

Sincerely,


Penny Farthing
Managing Director
penny.farthing@a-n-y.com

Letter of Invitation

Posted by Rama Van Basten under
Letter of Invitation (Surat Undangan) disini bukan surat undangan yang dikirimkan untuk mengundang teman untuk makan malam bersama, atau undangan pesta pernikahan dan lain sebagainya. Ini adalah surat bisnis, berarti undangan untuk melakukan tender, hearing atau sejenisnya. Berikut ini adalah contoh Letter of Invitation:
______________________________________________________

PJ Party
22 Yew Street, Cambridge, Ontario
Tel: 416-223-8900

April 7, 2010

Dear Valued Customer:

Our records show that you have been a customer of PJ Party Inc. since our grand opening last year. We would like to thank you for your business by inviting you to our preferred customer Spring Extravaganza this Saturday.

Saturday's sales event is by invitation only. All of our stock, including pajamas and bedding will be marked down from 50-80% off.* Doors open at 9:00 AM sharp. Complimentary coffee and donuts will be served. Public admission will commence at noon.

In addition, please accept the enclosed $10 gift certificate to use with your purchase of $75 or more.

We look forward to seeing you at PJ's on Saturday. Please bring this invitation with you and present it at the door.

Sincerely,


Linda Lane
Store Manager
pjpartyinc@shoponline.com

*All sales are final. No exchanges.

Enclosure: Gift Certificate #345 (not redeemable for cash)

Isi Surat Dalam Business Letter

Posted by Rama Van Basten under
Isi surat merupakan hal yang paling penting dalam Business Letter. Isinya harus betul-betul mewakili semua apa yang ingin Anda sampaikan. Jangan lupa pula untuk meletakkan tata krama. Berikut ini adalah panduannya:
  1. Awali dengan huruf besar setia pawal kalimat.
  2. Tulisan dalam Business Letter harus rata kiri.
  3. Berikan 1 spasi untuk tiap paragraf baru.
ISI
  1. Paragraf pertama: Pengantar dan alasan mengapa Anda menulis surat tersebut.
  2. Paragraf berikutnya: Jelaskan secara terperinci alasan Anda mengirimkan surat kepadanya, termasuk latar belakang, dan lain-lain yang dianggap perlu.
  3. Paragraf Terakhir: Simpulkan sekali lagi alasan Anda dan harapan kepada penerima surat

Expository Paragraph

Posted by Rama Van Basten under
Expository Paragraph (Paragraf Eksposisi) adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat. berikut ini adalah contoh paragraf Eksposisi:

A disease that causes chronic gastrological disorders, IBD, is envisioned in a spectrum of severities. Cats can vomit heavily, and suffer from continuous diarrhea. Reasons for the disease are yet unknown. Bacterial infections, gastrological irritation, lack of vitamins are often quoted as factors contributing to the development of the disease. Veterinarians, treating IBD in cats, usually prescribe medicine and advice on the dietary management as well as make surgical choices. If untreated, IBD, can be fatal for cats. Research - conducted mostly by pet owners - shows that a cat's diet can be critical. Further research will include inspection of several vaccines. So far, grain-free, raw meat diet has already proved to be largely beneficial.

Double Negatives

Posted by Rama Van Basten under
Double Negatives adalah peletakan 2 bentuk negatif dalam 1 kalimat. Nah, apabila kedua bentuk negatif tersebut kita gunakan untuk menjelaskan 1 hal yang sama, maka maknanya akan menjadi positif. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menggunakannya.
  • I am not going to pay no bills. (Maknanya menjadi = I am going to pay some bills)
  • She can't make friends with nobody. (Maknanya menjadi = She can make friends with somebody)
Jadi bagaimana caranya membuat bentuk negatif yang benar dari kedua kalimat di atas? Caranya adalah Anda cukup membuat 1 bentuk negatif saja, perhatikan bentuknya berikut ini:
  • I am not going to pay any bills, ATAU
  • I am going to pay no bills.
  • She can't make friends with anybody, ATAU
  • She can't make friends with nobody.

Descriptive Paragraph

Posted by Rama Van Basten under
Descriptive Paragraph adalah paragraf yang digunakan untuk "menggambarkan" situasi, apa yang dilakukan orang dan apa yang dilihat orang. Descriptive Paragraph yang baik adalah paragraf yang membawa para pembaca untuk terjun langsung dan seolah-olah ia hadir disana dan langsung melakukan, melihat dan menyaksikan apa yang kita gambarkan. Perhatikan contoh Descriptive Paragraph di bawah ini:

I am forty years old, rather tall and I have blue eyes and short black hair. I wear casual clothes as I teach students in a relaxed atmosphere. I enjoy my job because I get to meet and help so many different people from all over the world. During my spare time, I like playing tennis which I play at least three times a week. I also love listening to classical music and I must admit that I spend a lot of money on buying new CDs! I live in a pretty seaside town on the Italian coast. I enjoy eating great Italian food and laughing with the likable people who live here.

Definition Paragraph

Posted by Rama Van Basten under
Definition Paragraph (Paragraf Definisi) digunakan untuk menjelaskan makna, asal-usul dan fungsi hal. Paragraf ini digunakan baik dalam menulis akademik dan dalam fiksi. Untuk menulis sebuah paragraf definisi, penulis harus berkonsentrasi pada peran subjek dalam konteks esai keseluruhan dan daftar perbandingan serta contoh-contoh yang sesuai. Di bawah ini adalah contoh Definition Paragraph:

The IAU has so far recognized five dwarf planets differentiated from planets by a parameter of "planetary discriminant" which allows estimating the capacity to dominate orbits. According to Nation Master Encyclopaedia dwarf planets follow orbits which are not free from other minor celestial bodies. Simultaneously, they always circulate the Sun and not other celestial objects (they are not satellites). Several dwarf planets have already been scrutinized effectively. Their physical properties have been calculated through routine Earth-based observations as well as advanced image-searching software. Since current data may not be entirely accurate, further examinations are undertaken by astronomers and physicists world-wide.

Curriculum Vitae

Posted by Rama Van Basten under
Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup) adalah sebuah daftar yang biasanya dibuat untuk melengkapi Surat Lamaran Kerja kita. Walaupun Curriculum Vitae (CV) sering juga digunakan dalam moment-moment lainnya. Curriculum Vitae pada dasarnya tidak memiliki bentuk yang standart, tergantung pada orang yang ingin menyampaikan riwayat hidupnya. Oleh karena itu, apabila kita cari di internet, atau kita baca buku-buku Business English, maka bentuknya akan sangat bervariasi.

Di bawah ini adalah salah satu contoh yang mungkin sesuai dengan harapan Anda. Pada bagian bawah, kami juga menyertakan link download contoh CV yang dapat Anda edit.
_____________________________________________________________

CURRICULUM VITAE

Personal data:
  1. Name: Maman Suratman
  2. Address: 17 Jl. Langsa, Kec. Babakan, Kab. Jontar, Jabar 22567
  3. Telephone: 0812 620 1774
  4. E-mail: maman_surat@yahoo.com
  5. Date of Birth: October 1, 1972
  6. Marital Status: Married
  7. Sex: Male
  8. Nationality: Indonesian
Education:
  1. Since Feb 2003 PhD student, Computer vision lab, School of
    Computer Science and Engineering, the
    Hebrew University of Jerusalem, Israel (HUJI).
    Under the supervision of Professor Michael
    Werman. Thesis topic: Color and Texture in
    natural image Computing similarities between
    feature points.
  2. Oct 2000 - Oct 2002 MSc. At the Computer vision lab, HUJI. Under
    the supervision of Professor Michael Werman.
    Thesis topic: Color Lines.
  3. Oct 1996 - Oct 2000 BSc. In computer science with divisions in math
    and cognitive science, at HUJI.
Publications
  1. "Image Specific Color Representation"
    Ido Omer and Michael Werman, CPMCV 2003
  2. Color Lines: Image Specific Color Representation"
    Ido Omer and Michael Werman, CVPR 2004
  3. "Using Natural Image Properties as Demosaicing Hints"
    Ido Omer and Michael Werman, ICIP 2004
Relevant Experience:
  1. Since Mar 2006 Writing image and video search algorithms
    for PicScout Ltd.
  2. Feb 2004 - Oct 2005 Teaching assistant, Data Structures course
    at HUJI. Jul 2001 - Oct 2001 - Summer
    internship in Minolta Japan
    (letter of recommendation enclosed).
  3. Oct 2000 - Oct 2003 TA (grading papers) of the following courses:
    Programming Lab, Data Structures, Image
    Processing, Operation Systems at HUJI.
  4. Jul 1998 - Oct 2000 Computer programmer at Amdocs.
Professional skills:
Highly proficient in C++ and Matlab, familiar with the OpenCV library.

Language skills:
  1. Indonesian: native language
  2. English: highly proficient in reading, writing and speaking.
Leisure interests:
rock climbing, hiking, cycling, volleyball, reading, photography.

Download Contoh CV (Microsoft Word) (Editable)

Consumer Complaints

Posted by Rama Van Basten under
Consumer Complaints adalah surat yang dilayangkan oleh pembeli kepada penjual barang atau jasa. Surat ini berisi keluhan (Complaint) kepada produsen tentang suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Surat ini harus diawali dengan penjelasan tentang pembelian produk atau jasa yang telah dilakukan kemudian dilanjutkan dengan jenis keluhan yang ingin disampaikan.

Selain itu, surat ini juga harus berisikan harapan kepada produsen tentang produk yang dibeli tersebut atau jasa yang digunakan. Kemudian sebagai penutup sebagai bentuk kesopanan, kita juga perlu mengucapkan maaf apabila keluhan kita tersebut tidak membuat nyaman produsen kita. Hal ini perlu untuk tetap menjaga hubungan baik dengan produsen.

Perhatikan contoh Consumer Complaints di bawah ini:

___________________________________________________

47 Windermere
Jeffersonville, VT
05464-0240

April 20, 2005

Mountain Beverages
682 Maple St.
Stowe, VT
05672

Gentlemen:

My recent purchase of a 6-pack of your Mountain Morn Cola provided an unpleasant surprise for my guests last Saturday afternoon. To my dismay, the contents of three of the cans that I served turned out to be colorless and flavorless. The cans appeared to contain only carbonated water. You can imagine how embarrassed I was.

If this is representative of your normal product offering, I will be forced to switch to a competing brand.

I believe that you owe me an apology and reimbursement of the retail price of the three cans.

May I hear from you at your early convenience?

Yours truly,


Hanna Winkler

Condolence Message

Posted by Rama Van Basten under
Jika Anda melakukan bisnis dengan orang yang terkena bencana, tulislah email atau surat untuk menunjukkan belasungkawa dan dukungan. Hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk Anda juga merupakan bagian yang merasa kehilangan atau terkena bencana. Berikut ini adalah contoh email atau surat yang Anda dapat gunakan untuk Condolence Message:

We were very sorry to hear of the recent earthquake and hope that you have not been directly affected. Please let us know if there is anything we can do to help.

You are all very much in our thoughts.

Best wishes

(Nama Anda)

Classification Paragraph

Posted by Rama Van Basten under
Classification Paragraph (Paragraf Klasifikasi) adalah salah satu dari tujuh jenis paragraf. Hal ini memungkinkan untuk mendefinisikan ide-ide, menggunakan dan / atau fungsi melalui perbandingan dilakukan pada beberapa tingkatan. Akibatnya, paragraf klasifikasi mengeksplorasi makna dibandingkan dengan yang lainnya, dan diletakkan dalam konteks yang terkait. Klasifikasi paragraf akan menggunakan kosa kata deskriptif yang kuat yang seharusnya untuk memvisualisasikan perbedaan fisik dan konseptual antara subyek penulisan. Berikut ini adalah contoh Classification Paragraph:

Paraphrasing is used for different purposes. Some paraphrases will be designated to support already existing evidence. Others will reinforce argumentation against evidence. Still others will help to develop existing arguments and provide back-up for any conclusion drawn in the course of writing. Depending on the function, paraphrases will be introduced in accordance with their unique context. Quotations require yet another approach. They are not self-expressive because every quotation can signify a number of different things in various contexts. It is both the introduction and the commentary that follows it which decides about its context and the ultimate meaning of a given citation in an essay. Paraphrasing quotations - changing the original words or sense is not allowed.

Elemen Classification Paragraph:
  1. Definisi - istilah, ide, atau obyek yang disajikan dalam sebuah paragraf klasifikasi didefinisikan secara singkat dengan istilah sendiri - yang meliputi mendefinisikan asalnya, makna, dan fungsi;
  2. Perbandingan - paragraf klasifikasi biasanya akan menentukan hal-hal dengan membandingkan dan mengkontraskan mereka, menunjukkan fungsi penting dan menggunakan beragam atau makna dalam konteks analogis;
  3. Beberapa Konteks - paragraf klasifikasi akan membandingkan ide dalam konteks yang beragam, sehingga khusus untuk memperkirakan potensi dari setiap hal yang dijelaskan dalam situasi yang berbeda;
  4. Kosakata Deskriptif - adverbia dan kata sifat harus menunjuk ke kontras antara dua atau lebih hal (hitam vs putih, membosankan vs menarik, dll).

Argumentative Paragraph

Posted by Rama Van Basten under
Argumentative Paragraph (Paragraf Argumentasi) adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan untuk meyakinkan atau membujuk pembaca. Dalam penulisan argumentasi isi dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan, maupun ulasan obyektif dimana disertakan contoh, analogi, dan sebab akibat. Berikut ini adalah contoh Paragraf Argumentasi:

During the economy global crisis, Government should increase the salary of Indonesian House of Representative members. People who disagree with that proposal believe that it is not wise to increase the salary of them because there are a lot of poor people in this country. It is undeniable fact that is really happening, but there are also some reasons to improve the prosperity of Indonesian Representatives. Logically, when the prosperity and salary are enough, the tendency of being a corrupter would be lower. As we know, the salary is already much enough, but there are so many things that can tempt them to abuse their authority. Moreover, they need an appreciation for the big responsibility as representatives. Hard work and full dedication are highly demanded from them. Last, to accommodate public's aspiration in rural area, it needs extra money. Indonesia's area is very large and consist of many islands. They need to going by plane and hotel accommodation when meet people in remote places. For those reasons, government needs to increase the salary of representatives in order to improve their work.

Application Letter (Keinginan Sendiri)

Posted by Rama Van Basten under
Membuat lamaran kerja bisa saja berdasarkan pengumuman di koran atau majalah atau media lainnya dan bisa juga karena keinginan sendiri. Melamar kerja karena keinginan sendiri maksudnya, kita melamar suatu pekerjaan di suatu perusahaan atau institusi tidak berdasarkan iklan di koran. Berikut ini adalah contoh surat Lamaran Pekerjaan, perhatikan bentuk dan susunannya dengan baik. Anda juga dapat mendownload contoh ini dalam bentuk Microsoft Word yang lansung dapat Anda gunakan.
_______________________________________________________

March 3, 2009


Personnel Department Manager
PT Indah Selalu Selamanya
23 Jl. Merdeka atau Mati
Bandung, 11111

Dear Sir,

Subject: Application Letter

Im seeing your fast growing organization and I heard that your company has a good reputation, so I would like to join with your company as Credit Marketing officer (CMO).

I am 29 years of age and I graduated from Mechanical Technique Faculty, Jenderal Achmad Yani University, Bandung, Majoring in Metallurgy.

I have an excellent health, high motivation, good communication skill, computer skill, creative, high loyalty, integrity, I am ready to work hard, motorcycle, SIM C and highly motivated to works every where.

Hopefully, you could consider my application and I am looking forward to hearing from you.

Yours faithfully,



Samiran, ST
______________________________________________________

Download Sample Lamaran Kerja Berdasarkan Keinginan Sendiri

Application Letter (Berdasarkan Koran)

Posted by Rama Van Basten under
Seperti penjelasan kami sebelumnya, dimana dalam melamar pekerjaan, kita dapat membuatnya karena keinginan pribadi atau karena iklan di koran atau media pengumuman lainnya. Cara pembuatannya tentu saja berbeda. Berikut ini adalah contoh Surat Lamaran Kerja berdasarkan iklan yang Anda baca di Koran. Download Contoh Lamaran Kerja ini.

_____________________________________________________________

March 3, 2009


Personnel Department Manager
PT Indah Selalu Selamanya
23 Jl. Merdeka atau Mati
Bandung, 11111

Dear Sir,

Subject: Application Letter

Reading your advertisement on KOMPAS Daily, dated March 1, 2009, I am interested to apply for the position on Credit Marketing Officer (CMO) you offer.

I am 29 years of age and I graduated from Mechanical Technique Faculty, Jenderal Achmad Yani University, Bandung, Majoring in Metallurgy.

I have an excellent health, high motivation, good communication skill, computer skill, creative, high loyalty, integrity, I am ready to work hard, motorcycle, SIM C and highly motivated to works every where.

Hopefully, you could consider my application and I am looking forward to hearing from you.

Yours faithfully,

Samiran, ST
____________________________________________________________

Download Contoh Lamaran Kerja ini.

Alamat Penerima Dalam Business Letter

Posted by Rama Van Basten under
Perhatikan dengan seksama dimana kita letakkan alamat penerima surat kita dengan seksama seperti contoh di bawah ini. Hal ini penting agar orang yang mengantarkan surat jelas kepada siapa surat itu akan diberikan.

Urutan dalam penulisan Penerima dalam Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

Ms / Miss / Mrs / Mr / Dr ...
Nomor Rumah, jalan
Lokasi
Kode area
NEGARA (huruf besar semua)

British English

Pada British English, letak penerima surat sejajar dengan tanggal seperti di bawah ini:



American English

Pada American English, alamat penerima diletakkan 2 baris di bawah alamat pengirim (atau 2 baris dibawah tanggal jika alamat pengirim diletakkan dibawah tanda tangan).

"Lampiran" Dalam Business Letter

Posted by Rama Van Basten under
Kadangkala kita sering mengirimkan surat beserta dengan lampirannya. Setidaknya ada dua cara untuk menyatakan bahwa surat kita tersebut memiliki lampiran, yaitu:
  1. Menyebutkan satu persatu lampirannya, atau
  2. Hanya menuliskan "Enclosure" tepat di bawah nama penanda tangan surat.


Demikian, semoga berguna.

Work and Employment

Posted by Rama Van Basten under
Berikut ini adalah contoh vocabulary dalam bidang pekerjaan. Kami hanya menyajikan contoh-contoh kata atau frasanya saja. Silahkan cek Kamus Anda untuk artinya.

General
  • a regular job
  • commuter
  • employee
  • employer
  • He took a job as a waiter.
  • job
  • occupation
  • profession
  • to earn one's living
  • to run a firm
  • trade
  • What do you do for a living?
  • worker

Application
  • application
  • application form
  • apprentice, trainee
  • apprenticeship
  • CV (curriculum vitae)
  • job interview
  • skilled worker
  • to apply for a job
  • training
  • training course
  • vacancy

Unemployment
  • period of notice
  • to be unemployed
  • to be out of work
  • to be on the dole (BE)
  • to fire somebody
  • to sack somebody (BE)
  • to give somebody notice
  • to dismiss somebody
  • to hand in one's notice
  • to resign
  • to quit
  • unemployment
  • unemployment benefit, dole money

Working hours, pay
  • a full-time job
  • a part-time job
  • continued payment of wages
  • flexitime
  • pay slip
  • salary
  • to get a rise
  • to get a raise
  • to work in shifts
  • to work overtime
  • wage cut
  • wage demand, claim
  • wage group
  • wages

Time Idiom

Posted by Rama Van Basten under
Idiom adalah suatu ungkapan (seperti istilah atau frase) yang maknanya tak dapat diturunkan dari definisi langsung dan penyusunan bagian-bagiannya, melainkan merupakan suatu makna tak langsung yang hanya dikenal melalui penggunaan umum. Dalam linguistik, idiom umumnya dianggap merupakan gaya bahasa yang bertentangan dengan prinsip penyusunan (principle of compositionality), walaupun masih terjadi perdebatan mengenai hal tersebut.

Idiom dapat membingungkan orang yang belum terbiasa dengannya. Orang-orang yang belajar suatu bahasa baru harus mempelajari ungkapan idiom bahasa tersebut sebagaimana mereka mempelajari kosa kata lain dalam bahasa itu. Pada kenyataannya, banyak kata dalam bahasa alami yang berasal sebagai idiom tapi telah terasimilasi baik sehingga justru kehilangan makna langsungnya.

Di bawah ini adalah contoh-contoh Time Idiom yang diungkapkan dengan Uang.
  • Spend time = Menghabiskan waktu
  1. I spent 3 hours doing that.
  • Waste time = Menyia-nyiakan waktu.
  1. I wasted an hour waiting for her.
  • Value time = Menghargai waktu.
  1. I value every minute I get to spend with my baby.
  • Run out of time = Kehabisan waktu.
  1. I didn't get the project finished as I would have liked. I ran out of time.
  • Spare time = Meluangkan waktu.
  1. Can you spare me a few minutes?
  • Save time = Menghemat waktu
  1. I've already dug out the old files to save time today.
  • Short of time = Sedikit waktu.
  1. We're short of the time we need to do a good job on this.
  • Plenty of time = Banyak waktu
  1. We have plenty of time to worry about this later.

Terms of Government

Posted by Rama Van Basten under
Dibawah ini adalah kumpulan istilah-istilah dalam Bahasa Inggris dari Departemen, lembaga atau instansi yang ada di Indonesia. Barangkali Anda pernah menemui istilah yang berbeda, namun sebenarnya maknanya sama. Perhatikan dan mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda.

INSTITUSI PEMERINTAH INDONESIA
  • Departemen Pertanian (DEPTAN) - [Department of Agriculture]
  • Departemen Perhubungan (DEPHUB) - [Department of Communications]
  • Departemen Koperasi, Pengusaha Kecil & Menengah (DEPKOP)- [Department of Cooperatives and Small-Medium Enterprises]
  • Departemen Pertahanan Keamanan (DEPHANKAM)- [Department of Defense and Security]
  • Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (DEPDIKBUD) -[Department of Education and Culture]
  • Departemen Keuangan -[Department of Finance]
  • Direktorat Jenderal Pajak-[Directorate General of Taxes]
  • Direktorat Jenderal Bea dan Cukai -[Directorate General of Customs and Excise]
  • Departemen Luar Negeri (DEPLU)-[Department of Foreign Affairs]
  • Departemen Kehutanan dan Perkebunan (DEPHUT) -[Department of Forestry and Estate Crops]
  • Departemen Kesehatan (DEPKES) -[Department of Health]
  • Departemen Perindustrian dan Perdagangan (DEPPERINDAG) -[Department of Industry and Trade]
  • Direktorat Jenderal Industri Kimia, Agro dan Hasil Hutan (IKAH) -[Directorate General of Chemical, Agriculture and Forestry Industries]
  • Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Elektronika dan Aneka (ILMEA) - [Directorate General of Metal, Machinery, Electronic and Multifarious Industries]
  • Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri (DPLN) -[Directorate General of Foreign Trade]
  • Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN)-[National Agency for Export Development]
  • Departemen Penerangan - [Department of Information]
  • Departemen Pertambangan dan Energi (PERTAMBEN) - [Department of Mines and Energy]
  • Departemen Pekerjaan Umum (DEP PU) -[Department of Public Works]
  • Departemen Pariwisata, Seni dan Budaya (DEPPARSENIBUD) -[Department of Tourism, Art and Culture]
  • Direktorat Jenderal Pariwisata - [Directorate General of Tourism]
  • Departemen Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan (DEPTRANS) - [Department of Transmigration and Forest Squatter Resettlement]
  • Departemen Pemukiman dan Pengembangan Wilayah -[Department of Regional Development]
  • Kantor Menteri Negara Pekerjaan Umum - [Minister of state for Public Works]
BADAN PEMERINTAHAN
  • Badan Pemeriksa Keuangan (BEPEKA) - [Supreme Audit Board]
  • Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) - [The Indonesian Regulatory Authority for the Indonesian Capital Market]
  • Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) - [State Ministry for Population / National Family Planning Coordinating Board]
  • Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) - [State Ministry for Development Planning / National Development Planning Agency]
  • Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (BAPEDAL) - [State Ministry for Environment / Environmental Impact Management Agency]
  • Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) - [State Ministry for Investment / Investment Coordinating Board]
  • Badan Pengkajian dan Penerapan Tehnologi (BPPT) -[State Ministry for Research and Technology / Agency for the Assessment and Application of Technology]
  • Biro Pusat Statistik (BPS) - [Central Bureau of Statistics]
  • Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN) - [National Atomic Energy Agency]
  • Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) - [Indonesian Institute of Science]
  • Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) - [National Institute of Aeronautics and Space]
  • Lembaga Komunikasi Pengembangan Perkotaan dan Daerah - [Urban and Regional Development Institute]
  • Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) - [National Commission on Human Rights Indonesia]
  • Komisi Pemilihan Umum (KPU) - [National Election Commission]
  • Kantor Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan - [Office of the Coordinating Minister for People's Welfare and Poverty Eradication-TASKIN]
  • Kantor Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan dan Industri - [Office of the Coordinating Minister for Economic, Finance and Industry]
BADAN-BADAN LAINNYA
  • BAKOSURTANAL - [National Coordination Agency for Surveys and Mapping]
  • Badan Standarisasi Nasional - [National Standardization Agency]
  • BPPN - [Indonesian Bank Restructuring Agency]
  • Pusat Informasi Nasional - [National Information Centre]
LEMBAGA NASIONAL
  • Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) - [House of People's Representatives]
  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) - [People's Consultative Assembly]
  • Departemen Pertanian (DEPTAN) - [Department of Agriculture]
  • Departemen Perhubungan - [Department of Communications]
  • Departemen Koperasi, Pengusaha Kecil & Menengah (DEPKOP) - [Department of Cooperatives and Small-Medium Enterprises]
  • Departemen Pertahanan Keamanan (DEPHANKAM) - [Department of Defense and Security]
  • Kepolisian Negara Republik Indonesia - [Indonesian National Police]
  • Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) - [Indonesian Army]
  • Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) - [Indonesian Air Force]
  • Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) - [Indonesian Navy]
  • Departemen Pendidikan Nasional - [Department of National Education]
  • Departemen Keuangan - [Department of Finance]
  • Direktorat Jenderal Pajak - [Directorate General of Taxes]
  • Direktorat Jenderal Bea dan Cukai - [Directorate General of Customs and Excise]
  • Departemen Luar Negeri (DEPLU) - [Department of Foreign Affairs]
  • Departemen Kehutanan dan Perkebunan (DEPHUT) - [Department of Forestry and Estate Crops]
  • Departemen Kesehatan (DEPKES) - [Department of Health]
  • Departemen Perindustrian dan Perdagangan (DEPPERINDAG) - [Department of Industry and Trade]
  • Direktorat Jenderal Industri Kimia, Agro dan Hasil Hutan (IKAH) - [Directorate General of Chemical, Agriculture and Forestry Industries]
  • Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Elektronika dan Aneka (ILMEA) - [Directorate General of Metal, Machinery, Electronic and Multifarious Industries]
  • Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri (DPLN) - [Directorate General of Foreign Trade]
  • Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) - [National Agency for Export Development]
  • Departemen Penerangan - [Department of Information]
  • Departemen Pertambangan dan Energi (PERTAMBEN) - [Department of Mines and Energy]
  • Departemen Pekerjaan Umum (DEP PU) - [Department of Public Works]
  • Departemen Pariwisata, Seni dan Budaya (DEPPARSENIBUD) - [Department of Tourism, Art and Culture]
  • Direktorat Jenderal Pariwisata - [Directorate General of Tourism]
  • Departemen Transmigrasi dan Pemukiman Perambah Hutan (DEPTRANS) - [Department of Transmigration and Forest Squatter Resettlement]
  • Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) - [State Ministry for Population / National Family Planning Coordinating Board]
  • Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) - [State Ministry for Development Planning / National Development Planning Agency]
  • Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (BAPEDAL) - [State Ministry for Environment / Environmental Impact Management Agency]
  • Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) - [State Ministry for Investment / Investment Coordinating Board]
  • Badan Pengkajian dan Penerapan Tehnologi (BPPT) - [State Ministry for Research and Technology / Agency for the Assessment and Application of Technology]
BADAN PEMERINTAHAN
  • MPR - [People's Consultative Assembly]
  • DPR - [House of People's Representatives]
  • MA - [Supreme Court]
  • BPK - [Financial Audit Board]
  • BKPM - [Capital Investment Coordinating Board]
  • BAPPENAS - [National Development Planning Agency]
  • KEJARI - [Attorney-General's Office]
  • BAINFOKOM - [Communications & Information Agency]
  • DEPLU - [Department of Foreign Affairs]
  • DEPDAGRI - [Department of Home Affairs]
  • DEPHAN- [Department of Defense]
  • DEPKEHHAM - [Department of Justice and Human Rights]
  • DEPKEU - [Department of Finance]
  • DEPRIN - [Department of Trade & Industry]
  • DEPTAMBEN - [Department of Mines & Energy]
  • DEPTAN - [Department of Agriculture]
  • DEPNAKERTRANS - [Department of Manpower & Transmigration]
  • DEPHUT - [Department of Forestry]
  • DEPHUB - [Department of Transportation]
  • DEPDIKNAS - [Department of National Education]
  • DEPKES - [Department of Health]
  • DEPKOP - [Department of Cooperatives & Small and Medium Enterprises]
  • DEPAG - [Department of Religion]

Shut vs Close

Posted by Rama Van Basten under
Shut dan Close mempunyai arti yang sama yaitu tutup. Namun maknanya berbeda. Perbedaanya adalah sebagai berikut:

Shut berarti tutup secara total, sedangkan Close dapat diartikan dengan menutupi. Perhatikan 2 contoh kalimat di bawah ini:
  • Please shut the door!
  • Please close the door!
Shut berarti pada kalimat di atas adalah betul-betul menutup pintu. Tidak ada maksud lain dibaliknya. Sedangkan Close dapat diartikan dengan "menggunakan pintu itu untuk menutupi ruangan kamarnya".

Proverbs

Posted by Rama Van Basten under
Proverbs adalah pepatah. Tidak hanya dalam Bahasa Indonesia yang sering menyatakan pepatah, dalam Bahasa Inggris, pepatah pun dijumpai. Beberapa pepatah dalam Bahasa Inggris di bawah ini mempunyai makna yang sama dengan pepatah Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, kami memberikan terjemahan dan makna pada setiap pepatah.
  • To have an axe to grind = Ada udang di balik batu
  • One scabbed sheep is enough to spoil a flock = Sebab nila setitik rusak susu sebelanga
  • To cherish a viper in one's bosom = Air susu dibalas air tuba
  • To fish in troubled waters = Memancing di air keruh
  • Cut your coat according to your cloth = Bayang-bayang hendaklah sepanjang badan
  • To carry coals to New-castle = Membuang garam ke laut
  • The pot calls the cattle black = Udang hendak mengatai ikan
  • He is a dog in the manger = Badak-badak, minta aku daging; Bangau2, minta aku leher
  • A thorn in one's flesh = Seperti duri dalam daging
  • Home, sweet home = Hujan emas di negeri orang, hujan batu di negeri awak, elok juga di negeri awak
  • Huge winds blow on high hills = Besar kapal besar gelombangnya, besar kayu besar dahannya
  • Barking dogs seldom bite = Anjing menggonggong tidak akan menggigit
  • No rose without thorn = Tiada gading yang tak retak
  • Like father, like child = Air cucuran atap jatuhnya ke pelimpahan juga
  • Misfortunes never come singly = Antan patah, lesung hilang
  • Out of the frying-pan into the fire = Lepas dari mulut harimau jatuh ke mulut buaya
  • To behold the mote in the eye of one's neighbour, but not the beam in one's own = Gajah di kelopak mata tak tampak, kuman di seberang lautan tampak
  • Once a use and ever a custom = Kebiasaan menjadi tabiat
  • Strike the iron while it is hot = Menjemur di waktu hari panas.
  • Such things bring grist to his mill = Pucuk dicinta ulam tiba
  • Such as the tree, such is the fruit = Bagaimana biduk, bagaimana pengayuh
  • The apple falls near the tree = Air cucuran atap jatuhnya ke pelimpahan juga
  • Harm set, haram get= Siapa menggali lubang, ia juga terperosok ke dalamnya
  • After rain comes sunshine = Sesudah hujan datang terang
  • His bread is buttered on both sides = Seperti parang bermata dua
  • There is no smoke without a fire = Kalau tak ada api takkan ada asap
  • The right man in the right place = Asal ayam pulang ke lesung, asal itik pulang ke pelimpahan
  • The tongue wounds more than a lance = Berkata peliharakan lidah
  • To show the white feather = Malu berani, mati takut
  • When at Rome, do as Rome does = Di mana tanah dipijak, disitu langit dijunjung
  • In the land of the blind, the one-eyed is king = Dimana tiada elang, kata belalang, akulah elang
  • To kill two birds with one stone = Sekali merangkuh dayung, dua, tiga pulau terlampaui
  • To pour water into a broken basin = Bagai menghasta kain sarung
  • Too much of a good thing is good for nothing = Seperti kersik di pulau
  • To save money for a rainy day = Sebelum hujan sediakan payung
  • Where there is a will there is a way = Dimana ada kemauan disitu ada jalan
  • You must not countyour chickens before they are hatched = Belum beranak sudah ditimang
  • Repentance always comes too late = Sesal dahulu pendapatan, sesal kemudian tiada berguna
  • So many countries, so many customs = Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya
  • Spare the rod and spoil the child = Kasih akan anak dipertangis, kasih akan istri dipertinggalkan
  • Falling crumb one must be content with crust = Tidak ada rotan, akar pun jadi
  • Bean-pods are noisiest when dry = Tong kosong nyaring bunyinya
  • The die is cast = Nasi sudah menjadi bubur
  • Many a little makes a mickle = Sehari selembar benang, lama2 menjadi sehelai kain
  • To put the cart before the horse = Dahulu bajak dari jawi
  • With one's back to the wall = Seperti ikan dalam belat
  • Once bitten twice shy = Sekali jalan terkena, dua kali jalan tahu
  • Let sleeping dogs lie = Jangan dibangunkan kucing tidur
  • No pains, no gains = pahit dahulu manis kemudian
  • A penny saved is a penny gained = Hemat pangkal kaya
  • If the blind lead the blind, both fall into the ditch = Seperti kapak menyelam beliung
  • Between the devil and the deep sea = Bagai memakan si mala kama, jika dimakan ibu mati, tidak dimakan ayah mati.
  • Don't cut your nose off to spite your face = Menepuk air di dulang, terpercik muka sendiri
  • As the twig is bent, the tree is inclined = Kecil termanja-manja, besar terbawa-bawa
  • A dwarf is on a giant's shoulder can see of the two = Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah
  • A golden key opens every door = Ada uang abang sayang, tidak ada uang abang melayang
  • Little helps =Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit
  • Live and learn = Jauh berjalan banyak dilihat
  • A well-regulated family often gets the accident = Sepandai-pandai tupai melompat, suatu saat akan jatuh juga.

Perbedaan Someone & Somebody

Posted by Rama Van Basten under
Someone" digunakan jika Anda berada di mana ada banyak orang di sekitar Anda, tapi Anda tidak tahu siapa yang Anda maksud. Kedengarannya membingungkan? Perhatikan kalimat berikut ini - "Someone has left the room and started screaming loudly" berarti Anda tidak tahu persis siapa yang meninggalkan ruangan dengan semua orang di sekitarnya.

"Somebody" digunakan jika Anda berada dimana Anda mengacu pada orang tertentu. Sebagai contoh, "Somebody has left the room and started screaming loudly." Penggunaan "somebody" disini adalah untuk merujuk kepada orang yang Anda mungkin tahu, tapi tidak diketahui dalam situasi saat ini.

"Someone" digunakan jika kita tidak tahu orang itu dan ada banyak orang untuk memutuskan orang yang mana yang Anda maksudkan. Sedangkan penggunaan "Somebody" adalah ketika kita merujuk pada seseorang, tetapi dalam jumlah yang sempit.

Occupation

Posted by Rama Van Basten under
Occupation artinya nama-nama pekerjaan atau apa yang dilakukan orang untuk mendapatkan uang atau sekedar melepaskan hobi. Di bawah ini hanya beberapa contoh jenis-jenis pekerjaan dalam Bahasa Inggris:

  1. Actor/Actress = Bintang Film Pria/Bintang Film Wanita
  2. Astronaut = Astronot
  3. Author/Authoress = Penulis Pria / Wanita
  4. Baker = Tukang Roti
  5. Barber = Tukang Pangkas
  6. Beautician = Ahli Kecantikan
  7. Biologist = Ahli Biologi
  8. Bricklayer = Tukang Batu
  9. Builder = Tukang Bangunan
  10. Bus Driver = Supir Bus
  11. Butcher = Tukang Daging
  12. Caretaker = Penjaga
  13. Carpenter = Tukang Kayu
  14. Chemist = Ahli Kimia
  15. Coach = Pelatih
  16. Cobbler = Tukang Sepatu
  17. Construction Worker = Pekerja Bangunan
  18. Cook = Koki
  19. Cosmetician = Ahli Kosmetik
  20. Coster = Tukang Sayur
  21. Dentist = Dokter Gigi
  22. Designer = Desainer
  23. Doctor = Dokter
  24. Dustman = Tukang Sampah
  25. Electrician = Tukang Listrik
  26. Engineer = Insinyur
  27. Explorer = Penjelajah
  28. Farmer = Petani
  29. Farrier = Tukang Besi
  30. Fisherman = Nelayan
  31. Fireman = Pemadam
  32. Florist = Tukang Bunga
  33. Gardener = Tukang Kebun
  34. Gasman = Tukang Gas
  35. Glazier = Tukang Kaca
  36. Goldsmith = Tukang Emas
  37. Graver = Tukang Ukir
  38. Handyman = Tukang
  39. Headmaster = Kepala Sekolah (Pria)
  40. Headmistress = Kepala Sekolah (Wanita)
  41. Hairdresser = Penata Rambut
  42. Hunter/huntsman = Pemburu
  43. Iceman = Tukang Es
  44. Librarian = Penjaga Perpustakaan
  45. Laundress = Tukang Cuci
  46. Locksmith = Tukang Kunci
  47. Jointer, Welder = Tukang Las
  48. Junk Dealer = Tukang Loak
  49. Massager = Tukang Pijat
  50. Mechanic = Mekanik
  51. Milker = Tukang Susu
  52. Miner = Penambang
  53. Musician = Musisi
  54. Newsboy, Paperboy = Tukang Koran
  55. Nurse = Perawat
  56. Painter = Pelukis
  57. Patcher = Tukang Tambal
  58. Parker = Tukang Parkir
  59. Photographer = Fotografer
  60. Pilot = Pilot
  61. Plumber = Tukang Ledeng
  62. Policeman/policewoman = Polisi
  63. Postman = Tukang Pos
  64. Pupil = Murid
  65. Secretary = Sekretaris
  66. Servant = Pembantu
  67. Shepherd/shepherdess = Penggembala
  68. Shop assistant = Penjaga Toko
  69. Steward = Pramugara
  70. Stewardess =Pramugari
  71. Student = Murid, mahasiswa
  72. Singer = Penyanyi
  73. Surgeon = Ahli Bedah
  74. Taxi/cab driver = Supir Taxi
  75. Teacher = Guru
  76. Tailor = Tukang Jahit
  77. Vet = Dokter Hewan
  78. Waiter/waitress = Pelayan

List of Adjectives

Posted by Rama Van Basten under
Adjectives (Kata Sifat) adalah kata yang menerangkan kata benda. Adjectives atau kata sifat seperti cantik, besar, mahal, dan lain-lain tidak dapat berdiri sendiri. Di depan Kata sifat harus ada kata benda. Di bawah ini akan kami jelaskan jenis-jenis kata sifat. Selamat Belajar.

Appearance Adjectives


adorable, beautiful, clean, drab, elegant, fancy, glamorous, handsome, long, magnificent, old-fashioned, plain, quaint, sparkling, ugliest, unsightly, wide-eyed
Color Adjectives

red, orange, yellow, green, blue, purple, gray, black,white
Condition Adjectives

alive, better, careful, clever, dead, easy, famous, gifted, helpful, important, inexpensive, mushy, odd, powerful, rich, shy, tender, uninterested, vast, wrong.
Feelings (Bad) Adjectives

angry, bewildered, clumsy, defeated, embarrassed, fierce, grumpy, helpless, itchy, jealous, lazy, mysterious, nervous, obnoxious, panicky, repulsive, scary, thoughtless, uptight, worried
Feelings (Good) Adjectives

agreeable, brave, calm, delightful, eager, faithful, gentle, happy, jolly, kind, lively, nice, obedient, proud, relieved, silly, thankful, victorious, witty, zealous
Material Adjectives

plastic, iron, metal, gold, dll.
Shape Adjectives

broad, chubby, crooked, curved, deep, flat, high, hollow, low, narrow, round, shallow, skinny, square, steep, straight, wide.
Size Adjectives

big, colossal, fat, gigantic, great, huge, immense, large, little, mammoth, massive, miniature, petite, puny, scrawny, short, small, tall, teeny, teeny-tiny, tiny
Sound Adjectives

cooing, deafening, faint, hissing, loud, melodic, noisy, purring, quiet, raspy, screeching, thundering, voiceless, whispering
Time Adjectives

ancient, brief, early, fast, late, long, modern, old, old-fashioned, quick, rapid, short, slow, swift, young
Taste/Touch Adjectives

bitter, delicious, fresh, greasy, juicy, hot, icy, loose, melted, nutritious, prickly, rainy, rotten, salty, sticky, strong, sweet, tart, tasteless, uneven, weak, wet, wooden, yummy
Touch Adjectives

boiling, breeze, broken, bumpy, chilly, cold, cool, creepy, crooked, cuddly, curly, damaged, damp, dirty, dry, dusty, filthy, flaky, fluffy, freezing, hot, warm, wet
Quantity Adjectives

abundant, empty, few, full, heavy, light, many, numerous, sparse, substantial
Mengapa kita butuh list of adjectives? Adjectives dapat merubah sesuatu yang biasa menjadi luar biasa. Kalau Adjectives dipakai dengan sewajarnya, maka percakapan yang Anda gunakan akan lebih menarik lagi. Oleh karena itu, gunakanlah Adjectives itu dengan bijaksana dan hati-hati.

GREEN DAY VIDEO

My Blog List

Popular Posts

Pengikut