There is/There are

Posted by Rama Van Basten under

Pada umumnya, kata there jika digunakan di awal kalimat dapat diterjemahkan menjadi “ada“. Tetapi, jika digunakan di akhir kalimat, there adalah sebuah modifier of place (keterangan tempat) yang berarti “di sana“, yang merupakan antonym (kebalikan) dari kata here (= di sini). Penggunaan there sebagai modifier of place adalah sama dengan penggunaan keterangan tempat lainnya, dan cukup mudah untuk dipahami (It’s a piece of cake !). Namun jika digunakan di awal kalimat, ada beberapa rules (ketentuan) yang harus kita pahami agar kita dapat menggunakannya dengan benar. Tulisan ini khusus membahas ketentuan-ketentuan dalam penggunaan there di awal kalimat.

Penggunaan there

Penggunaan kata there di awal kalimat mengikuti ketentuan-ketentuan berikut:

  • There selalu diikuti oleh to be: is/are (simple present tense ) atau was/were (simple past tense) atau diikuti oleh phrase yang diakhiri oleh be : has/have been (present perfect tense), had been (past perfect tense), will be atau is/are going to be (simple future tense), would be atau was/were going to be (past future tense), will have been (future perfect tense), would have been (past future perfect tense).
  • Walaupun berada di awal kalimat, there hanyalah subject semu (pseudo-subject). Subject yang sebenarnya adalah kata setelah to be.

  • Bentuk to be atau verb phrase ditentukan oleh subject kalimat (i.e. kata setelah be). Gunakan is/was/has been/is going to be jika diikuti oleh singular subject atau uncountable noun (Lihat Tabel baris I), dan gunakan are/were/have been/are going to be jika diikuti oleh plural subject (Lihat Tabel baris II). Bentuk phrase pada tensis selain tensis yang telah disebutkan tadi adalah sama (Lihat Tabel baris III).

  • There tidak digunakan dalam tensis progressive (continuous).

Untuk lebih jelasnya, perhatikan pola-pola penggunaan there pada tabel berikut ini:

There is
There was
There has been
There is going to be
There was going to be
+
singular subject/uncountable noun + …
There are
There were
There have been
There are going to be
There were going to be
+ plural subject+ …
There had been
There will be
There would be
There will have been
There would have been
+
singular subject/uncountable noun + …
plural subject + …

Contoh:

  • There is only one student in this class now. (Ada hanya satu siswa di kelas ini sekarang).
  • There are only ten students in this class now. (Ada hanya 10 siswa di kelas ini sekarang).

  • There was a terrifying accident close to my house last night. (Ada sebuah kecelakaan yang mengerikan di dekat rumahku tadi malam).
  • There were two terrifying accidents close to my house last night. (Ada 2 buah kecelakaan yang mengerikan di dekat rumahku tadi malam).

  • There has been love between the two since three years ago. (Telah ada cinta di antara keduanya sejak 3 tahun lalu).
  • There have been a lot of memories between the two since three years ago. (Telah ada banyak memori di antara keduanya sejak 3 tahun lalu)
  • There had been love for more than five years before they got married last month. (Telah ada cinta selama lebih dari 5 tahun sebelum mereka nikah sebulan yang lalu).
  • There had been a lot of memories for more than five years before they got married last month. (Telah ada banyak memori selama lebih dari 5 tahun sebelum mereka nikah sebulan yang lalu).
  • There is going to be a tall building here soon. (Akan ada sebuah gedung tinggi di sini dalam waktu singkat).
  • There are going to be many tall buildings here soon. (Akan ada banyak gedung tinggi di sini dalam waktu singkat).
  • There will be a tall building here soon. (Akan ada sebuah gedung tinggi di sini dalam waktu singkat).
  • There will be many tall buildings here soon. (Akan ada banyak gedung tinggi di sini dalam waktu singkat)
  • There was going to be a party last night but it was cancelled. (Akan ada sebuah pesta tadi malam tetapi tidak jadi).
    There were going to be Jim, his girlfriend, and I at that party. (Akan ada Jim, pacarnya, dan aku di pesta itu).
  • There would be a party last night but it was canceled. (Akan ada sebuah pesta tadi malam tetapi tidak jadi).
    There would be Jim, his girlfriend, and I at that party. (Akan ada Jim, pacarnya, dan aku di pesta itu).
  • There wouldn’t have been an accident if the biker hadn’t ridden his bike fast. (Tidak akan (telah) ada kecelakan jika si pengendara motor tidak mengendarai motornya dengan kencang).
    There would have been many more Indonesian people studying abroad if we had studied English more seriously. (Akan (telah) ada jauh lebih banyak orang Indonesia yang study di luar negeri, jika kita telah mempelajari bahasa Inggris dengan lebih serius).

Note:

1. Jika setelah to be digunakan kata ganti (pronoun), gunakanlah subject pronoun (i.e. I, he, she, we, they, dst). Penggunaan object pronoun setelah to be adalah GRAMATICALLY INCORRECT.

  • There were only I and my dog, Robby, at home last night. (Hanya ada aku dan anjingku, (namanya) Robby, di rumah tadi malam). INCORRECT jika ditulis: “There were only me“.
  • There was he, Andi, here a few minutes ago. He was waiting for you. INCORRECT jika kita tulis: “There was him…”. Note: Was digunakan karena Andi di kalimat ini hanya mnerangkan he (bedakan dengan: he dan Andi). Ada dia, namanya Andi, di sini beberapa menit yang lalu.

Penggunaan subject pronoun setelah to be memang kedengaran atau terasa janggal karena native speaker sendiri (terutama in speaking) lebih sering atau lebih suka menggunakan object pronoun (me, him, her, us, them, dst) setelah to be.

2. Jika setelah subject diikuti oleh verb, gunakanlah verb+ing apabila bermakna kalimat aktif, dan gunakan verb3 apabila bermakna kalimat pasif.

  • There is a big dog coming. (Ada seekor anjing besar mendekat).
  • There are many people going to the mall during the weekend. (Ada banyak orang yang pergi ke mall pada akhir pekan).

  • There were many people killed when the earthquake occurred in West Sumatra. (Ada banyak orang terbunuh (meninggal dunia) ketika gempa bumi terjadi di Sumatra Barat).
  • There are many cars parked in the mall’s parking lot during the weekend. (Ada banyak mobil yang diparkir di tempat parkiran mall pada akhir pekan).

0 komentar:

GREEN DAY VIDEO






My Blog List

Popular Posts

Pengikut