This, That, These, and Those

Posted by Rama Van Basten under

This (ini), that (itu), these (ini), dan those (itu) merupakan kata penunjuk yang dalam bahasa Inggris disebut demonstratives. Dari segi maknanya, penggunaan kata penunjuk “ini” dan “itu” dalam bahasa Indonesia sama dengan dalam bahasa Inggris. Kita gunakan “ini” untuk menunjuk benda atau orang yang kita pegang atau berada sangat dekat dengan kita, sebaliknya kita gunakan “itu” untuk menunjuk benda yang berjauhan dengan kita, bukan?

Begitu juga dalam bahasa Inggris. Perbedaannya adalah dalam bahasa Inggris penggunaan this, that, these, dan those ditentukan oleh noun yang mengikutinya, seperti terlihat pada pola beikut ini:

This/that + singular noun/uncountable noun + singular verb + object + modifier
These/those + plural noun + plural verb + object + modifier

Dari pola di atas dapat kita simpulkan bahwa:

  1. Kata this dan that dapat diikuti baik oleh singular nouns (misalnya: this car, this book, that car, that book, dst) maupun oleh uncountable nouns (this information, this news, that information, that news, dst).
  2. Pada simple present tense, this dan that diikuti oleh to be is atau oleh singular verb (verb1+ [s atau es]).
  3. Pada simple past tense, this dan that diikuti oleh to be was.
  4. Kata these dan those hanya boleh diikuti oleh plural nouns (misalnya: these cars, these books, those cars, those books, dst). Dengan kata lain, these dan those tidak boleh diikuti oleh singular nouns atau oleh uncountable nouns. INCORRECT jika kita bilang: these news, those information, karena news dan information adalah uncountable nouns.
  5. To be yang mengikuti these dan those adalah are (untuk simple present tense), dan were (untuk simple past tense), sedangkan verb yang mengikutinya adalah plural verb.

Contoh:

  1. Although this is an old car, this car runs very fast. (Walaupun mobil ini sebuah mobil tua, mobil ini lari dengan sangat cepat).
  2. That is a mango tree. That mango tree produces many mango fruits. (Itu adalah pohom mangga. Pohon mangga itu menghasilkan banyak buah mangga).
  3. This is a glass of coffee. This coffee tastes very good. (Ini adalah segelas kopi. Kopi ini rasanya enak).
  4. That was my book. He stole it from me. (Itu (dulu) adalah buku saya. Dia mencurinya dari saya).
  5. This water has been contaminated. (Air ini telah terkontaminasi).
  6. That great news made her jump and jump in joy. (Kabar bagus itu membuat dia melompat-lompat kegirangan).
  7. These grapes belong to her, while those belong to you. (Buah-buah anggur ini miliknya, sedangkan buah-buah anggur itu milikmu).
  8. Can I say “these coffee and those soap belong to me”? No, you can’t, because the words ‘these’ and ‘those’ cannot be directly followed by uncountable nouns. (Dapatkah saya mengatakan “kopi ini dan sabun itu milik saya” ? Tidak, kamu tidak bisa mengatakan demikian sebab kata “these” dan “those” tidak dapat langsung diikuti oleh uncountable nouns). Sekarang bandingkan dengan kalimat berikut: These cups of coffee are for all of you, while those are for them (Kopi dalam cangkir-cangkir ini (adalah) untuk kamu semua, sedangkan cangkir-cangkir itu untuk mereka).
  9. She bought those cards last night. (Dia membeli kartu-kartu itu tadi malam).
  10. Those apples were bought by my boyfriend last night. (Buah-buah apel itu dibeli oleh pacar saya tadi malam).

Note: In speaking, jika this, that, these dan those diikuti oleh verb, noun yang mengikuti kata penunjuk sering dihilangkan karena melalui body language (bahasa tubuh) lawan bicara biasanya sudah memahami apa atau siapa yang dirujuk/dimaksud, atau karena telah dirujuk sebelumnya.

  1. Although this is an old car, this runs very fast.
  2. This has been contaminated.
  3. That made her jump and jump in joy.
  4. These belong to her, while those belong to you.
  5. She bought those last night.
  6. Those were bought by my boyfriend last night.

Dalam hal ini, demonstratives sebenarnya berubah menjadi pronouns. Bingung? Tidak usah dibingungkan oleh istilah, yang penting adalah anda paham dengan penggunaannya.

This/that/these/those + one/ones

Penggunaan one dan ones setelah kata penunjuk sama dengan ketentuan di atas. One digunakan untuk menggantikan singular noun dan uncountable noun, olehnya itu, one hanya digunakan untuk mengikuti this dan that. Sebaliknya, ones digunakan untuk menggantikan plural noun, olehnya itu, ones hanya digunakan untuk mengikuti these dan those. Namun demikian, ones setelah these dan those lebih sering dihilangkan.

Contoh:

  1. I don’t like this one, but I like that one very much. (Aku tidak suka yang ini).
  2. This one looks better than that one, doesn’t it? (Yang ini tampak lebih bagus dari yang itu, bukan?).
  3. She will take these (ones). (Dia akan ngambil yang ini).
  4. The government is bulldozing these houses now, and it will do those next month. (Pemerintah sedang membuldoser rumah-rumah ini sejarang, dan pemerintah akan membuldoser rumah-rumah itu bulan depan).

Penggunaan this/that: American vs British

Orang America dan Inggris menggunakan this untuk memperkenalkan dirinya dalam telepon:

  • Hello, this is Swara Bhaskara calling.

Perbedaanya adalah: orang America menggunakan this untuk menanyakan siapa yang menepon:

  • Who is this?
  • Is this Swara Bhaskara?

Sedangkan orang Inggris menggunakan that:

  • Who is that?
  • Is that Swara Bhaskara?

0 komentar:

GREEN DAY VIDEO






My Blog List

Popular Posts

Pengikut