Writing Essay: Brainstorming (Step 2)

Posted by Rama Van Basten under
Brainstorming adalah satu aktivitas yang efektif dan efisien untuk mengeluarkan ide-ide baru yang membawa kita pada suatu pemecahan suatu masalah. Brainstorming dapat dilakukan secara berkelompok atau sendirian.

Langkah selanjutnya adalah menggabungkan ide-ide yang kita peroleh dan buatlah beberapa topik, yang perlu sedikit pembahasan lebih mendalam. Kemudian klasifikasikan ide-ide yang relevan dan tidak relevan. Dengan begitu kita akan mendapatkan gambaran yang sedikit lebih jelas tentang essay yang akan kita tulis.

Perhatikan contoh prosesnya di bawah ini:
  1. Mulailah dari masalah yang ada yang harus diselidiki. Bagi banyak orang, masalah memiliki beberapa arti negatif. Tapi di sini, Anda harus menyajikan beberapa fakta yang harus dieksplorasi; bukan berarti harus yang negatif. Sebagai contoh: "The efficiency of Basic Health Care for Cats".
  2. Buat ide itu dengan jelas, sehingga setiap orang yang membacanya akan memahami apa yang ingin Anda katakan.
  3. Temukan sebanyak-banyaknya solusi dan jawaban atas masalah tersebut. Anda harus menuliskan semua solusi yang pernah terpikirkan sebelumnya, walaupun tampak aneh bagi Anda.
  4. Pilih beberapa (kira-kira lima atau enam) ide paling Anda sukai. Tetapkan beberapa kriteria yang memberikan jawaban terbaik untuk masalah tersebut. Kriteria dapat dimulai dengan kata "must" atau "should".
  5. Beri skor setiap ide (dari satu sampai lima misalnya), tergantung pada seberapa baik sesuai dengan kriteria tersebut. Setelah semua ide telah diberi skor, jumlah poinnya.
Ide dengan skor tertinggi sebenarnya adalah yang terbaik. Namun demikian, catatlah semua ide-ide, karena ide terbaik bahkan mungkin tidak bisa diterapkan di masa mendatang.

Jika Anda masih tidak dapat menemukan topik yang tepat, konsultasikan dengan tutor Anda, dia mungkin bisa membantu Anda.

0 komentar:

GREEN DAY VIDEO

My Blog List

Popular Posts

Pengikut