Penggunaan Nouns sebagai Adjectives

Posted by Rama Van Basten under

Noun juga dapat digunakan sebagai adjective. Jika dua noun diletakkan secara berurutan, noun yang pertama menerangkan noun yang kedua. Dalam hal ini, noun yang pertama berfungsi sebagai adjective. Noun yang berfungsi sebagai adjective ini selalu dalam bentuk singular (Lihat contoh 3 – 5 di bawah).

Contoh:

  1. I studied Economics at Udayana University. (Saya kuliah Ekonomi di Universitas Udayana).
  2. He just bought a gold watch for his beloved girl friend. (Dia baru saja membeli jam emas untuk pacarnya yang tercinta).
  3. We have to write a report that is ten pages long. The ten-page report must be submitted next week. (Kami harus menulis laporan yang panjangnya 10 halaman. Laporan yang panjangnya 10 halaman tersebut harus disetor minggu depan). Perhatikan: huruf s pada kalimat kedua dihilangkan. Dan, dibubuhkan tanda ‘ - ‘ .
  4. My neighbor has a five-story house. (Tetangga saya punya sebuah rumah berlantai lima).
  5. These are one million-rupiah sunglasses. (Ini adalah kacamata yang harganya 1 juta).

Sebagai adjective, noun juga dapat diletakkan setelah noun yang diterangkannya, tetapi perlu menambahkan preposition of setelah noun tersebut. Kelima contoh di atas dapat ditulis menjadi:

  1. I studied Economics at the University of Udayana. (Saya kuliah Ekonomi di Universitas Udayana).
  2. He just bought a watch of gold for his beloved girl friend. (Dia baru saja membeli jam emas untuk pacarnya yang tercinta).
  3. We have to write a report that is 10 pages long. The report of ten pages long must be submitted next week. (Kami harus menulis laporan yang panjangnya 10 halaman. Laporan yang panjangnya 10 halaman tersebut harus disetor minggu depan).
  4. My neighbor has a house of five stories. (Tetangga saya punya sebuah rumah berlantai lima).
  5. These are sunglasses of one million rupiahs. (Ini adalah kacamata yang harganya 1 juta rupiah).

0 komentar:

GREEN DAY VIDEO

My Blog List

Popular Posts

Pengikut