Prepositions (Part 2)

Posted by Rama Van Basten under

Di Prepositions (Part 2) ini kita akan bahas penggunaan about, above, across, after, along, among/amongst, around, behind, below, beside, besides, beyond, between dan during. Perhatikan dan bandingkan penggunaannya, khususnya prepositions yang telah di-link.

1. About

a. About berarti tentang jika mengikuti verbs, seperti talk, think, discuss, worry, hear, etc.

Contoh:

  1. Let’s talk about our relationship now. (Mari kita bicarakan tentang hubungan kita sekarang).
  2. Don’t you think about studying abroad? (Tidakkah kamu berfikir tentang kuliah/belajar di luar negeri?).
  3. You missed the class yesterday. We discussed about the usage of prepositions. (Kamu tidak masuk kelas kemarin. Kami mendiskusikan tentang penggunaan kata depan).
  4. Where have you been? We were all worried about you. (Dari mana saja kamu? Kami semua cemas tentang kamu).
  5. We have heard about your success. (Kami telah mendengar tentang keberhasilan kamu).

Note: Pada verbs di atas, preposition about juga bisa diganti dengan preposition of. Arti tidak berubah dan tingkat formalitasnya juga sama.

  1. Let’s talk of our relationship now.
  2. Don’t you think of studying abroad? dst.

b. About berarti kira-kira atau kurang lebih (artinya sama dengan around. Lihat 7.b).

Contoh:

  1. How tall is he? I am not sure but I think he is about 175 cm tall. (Berapa tingginya dia? Saya tidak yakin tapi dia kira-kira 175 cm tingginya).

c. About berarti akan segera (i.e. melakukan aktivitas) jika diikuti oleh gerund atau infinitive.

Contoh:

  1. DR. Stewart is about leaving his office now. (Dr. Stewart akan segera meninggalkan kantornya sekarang).
  2. It’s about to rain now. (Akan segera turun hujan sekarang).

2. Above

Above berarti di atas. Kata depan ini digunakan untuk menyatakan bahwa suatu noun (misalnya seagulls) berada di atas noun lainnya (misalnya sea water), tetapi noun yang di atasnya tidak melekat atau bersentuhan dengan noun di bawahnya. Bandingkan dengan penggunaan preposition on.

  1. Many seagulls fly above the sea water every afternoon. (Banyak burung camar terbang di atas air laut itu setiap sore).
  2. A big aircraft can fly more than 3,000 feet above the sea level. (Sebuah pesawat terbang besar dapat terbang lebih dari 3 ribu kaki di atas permukaan laut).

3. Across

Across berarti melintasi/menyeberangi.

  1. He wouldn’t have been hit by a car if he had walked across the pedestrian bridge. (Dia tidak akan tertabrak sebuah mobil jika dia telah berjalan melintasi/menyebrangi/melalui jembatan khusus untuk pejalan kaki).
  2. The Indonesian government keeps hunting the fugitives even though they have fled across the Indonesian border. (Pemerintah Indonesia terus memburu para buron walaupun mereka telah melarikan diri menyeberangi perbatasan wilayah Indonesia).
  3. Till now, some students in remote villages still have to swim across a river to go to school. (Sampai sekarang, beberapa siswa di desa-desa terpencil masih harus berenang menyeberangi sungai untuk pergi ke sekolah).

4. After

a. After berarti setelah.

  1. I always go to school after breakfast. (Saya selalu pergi ke sekolah setelah sarapan).
  2. What will you do after school? (Apa yang akan kamu lakukan setelah sekolah?).

Note: Selain sebagai preposition, after juga dapat berfungsi sebagai conjunction, tetapi grammar-nya beda. Jika sebagai preposition, after langsung diikuti oleh noun, sedangkan jika berfungsi sebagai conjunction, after harus diikuti oleh clause (i.e. S + V). Perhatikan kalimat berikut:

  1. They played football after they had finished doing their homework.

b. After sering digunakan untuk mengikuti verb look, name, etc.

Contoh:

  1. My grandparents had looked after me before I went to elementary school. (Kakek dan nenek saya telah merawat saya sebelum saya sekolah di SD).
  2. He was named after his late grandfather. (Dia diberi nama seperti nama almarhum kakeknya). Note: selain berarti terlambat, late juga berarti almarhum.

5. Along

Along berarti di sepanjang.

Contoh:

  1. The rescuers had tried hard to find all the casualties of Adam Air crash along the west coast of Sulawesi but they found none. (Para regu penyelamat telah berusaha keras menemukan para korban jatuhnya pesawat Adam Air di sepanjang pantai barat Sulawesi tetapi mereka tidak menemukan seorang korban pun).
  2. He drove along the road. (Dia mengendari (mobilnya) di sepanjang jalan).

6. Among/amongst

Among atau amongst dapat berarti:

a. diantara

Contoh:

  1. They have to share the work among themselves. (Mereka harus membagi tugas diantara diri mereka).
  2. Among them, Jody is the cleverest. (Diantara mereka, Jody lah yang terpintar).

Note: Gunakan among jika nounnya lebih dari dua. Sebaliknya, gunakan between jika nounnya hanya dua. Lihat penggunaan between di bawah.

b. di tengah-tengah/dikelilingi oleh

Contoh:

  1. The legislator candidate was standing among his followers. (Calong anggota DPR itu sedang berdiri diantara pengikut-pengikutnya).
  2. It doesn’t feel good to live among rich people. (Rasanya tidak enak hidup di tengah-tengah orang kaya).

c. salah satu (= one of)

Contoh:

  1. Canada is among the biggest countries in the world. (Kanada adalah salah satu negara paling besar di dunia). = Canada is onf of the biggest countries in the world.
  2. Indonesia is among the most populated countries in the world. (Indonesia adalah salah satu negara yang paling padat penduduknya di dunia)

7. Around

Around dapat berarti:

a. mengitari/mengelilingi

Contoh:

  1. The moon takes 30 days to travel around the earth. (Bulan butuh 30 hari untuk (bergerak) mengelilingi bumi).
  2. Many people walk around the park at the weekend. (Banyak orang berjalan mengelilingi taman pada akhir pekan).

b. sekitar (= about. Lihat 1.b).

Contoh:

  1. My father will be home around 7 o’clock.
  2. The criminal is black and around 180 cm tall. (Penjahat itu (berkulit) hitam dan tingginya sekitar 180 cm).

8. Behind

Behind berarti di belakang atau di balik

Contoh:

  1. Although the thieves had hidden themselves behind the hidden wall, the police succeeded in arresting them. (Walaupun pencuri-pencuri itu telah menyembunyikan dirinya sendiri di balik didindang yang tersembunyi, polisi berhasil menciduknya/menangkapnya)
  2. The man walked slowly towards his girlfriend and then gently hugged her from behind. (Pria itu melangkah perlahan mendekati pacarnya, kemudian memeluknya dengan lembut dari belakang).
  3. The runner sprinted and left all of his opponents far behind. (Pelari itu berlari cepat dan meninggalkan lawan-lawannya jauh di belakang).
  4. Don’t put anything behind that door. (Jangan taruh apa pun di balik pintu itu).

9. Below

Below dapat berarti:

a. di bawah. Umumnya untuk menyatakan bahwa suatu noun berada di bawah noun lainya. Noun yang dimaksud (noun yang berada di bawah tersebut) masih berada di atas permukaan/tanah/lantai/dasar.

Contoh:

  1. What is it below that plane? (Apakah di bawah pesawat terbang itu?).
  2. Fish lives below the water surface. (Ikan hidup di bawah permukaan air).

b. Lebih rendah dari (=lower than=less than)

Contoh:

  1. Water freezes when its temperature drops below zero degree centigrade. (Air membeku jika suhunya turun di bawah nol derajat celcius).
  2. Your grade is below mine. (Nilai kamu lebih rendah dari nilai saya).

10. Beside

Beside = next to yang berarti di samping.

Contoh:

  1. Is there anybody beside you either on your left or your right now? (Adakah orang di samping kamu baik di sisi kiri maupun sisi kanan kamu?).
  2. If you are not a smoker, it’s harmful for you to stand beside someone who is smoking. (Jika kamu bukan perokok, (adalah) berbahaya bagi kamu untuk berdiri di samping orang yang sedang merokok).

11. Besides

Besides = as well as yang berarti disamping/selain.

Contoh:

  1. What instrument do you play besides the guitar? (Alat musik apa yang kamu mainkan selain gitar?).
  2. Besides grammar, you have to learn how to speak English well. (Selain (belajar) tata bahasa, kamu harus belajar bagaimana berbicara bahasa Inggris dengan baik).

12. Beyond

Beyond berarti melampaui/melewati/ di luar batas.

Contoh:

  1. What you are talking is beyond my knowledge. (Apa yang kamu sedang bicarakan adalah diluar batas keilmuan saya).
  2. Sorry, I can’t fix it. This laptop is beyond repair. (Maaf, saya tidak dapat memperbaikinya. Laptop ini sudah tidak dapat diperbaiki/sudah melewati batas untuk dapat diperbaiki).

13. Between

a. Between berarti diantara (dua ruang/noun/waktu yang berbeda).

Contoh:

  1. Between the school and the hospital is a field where I usually play football between 3 p.m. and dusk. (Di antara sekolah dan rumah sakit ada sebuah lapangan dimana saya biasanya main sepakbola antara jam 3 sore dan magrib). Bedakan maknanya antara jam 3 sore dan magrib dengan from 3 p.m. to dusk (dari jam 3 sore sampai magrib). Penggunaan from … to akan dibahas pada Prepositions (Part 3)
  2. Joni sat between Rini and Nani. (Joni duduk diantara Rini dan Nani). Note: Gunakan conjunction and untuk menemani penggunaan between.

Note: Bandingkan penggunaannya dengan among, 6.a).

b. Between juga digunakan untuk membuat comparison.

Contoh:

  1. What is the difference between the American football and the football that we call sepak bola? (Apakah bedanya antara American football dengan football yang kita sebut sepak bola?).

14. During

During bearti selama; digunakan untuk menyatakan durasi suatu kejadian/aktivitas.

Contoh:

  1. During our vacation, we visited many different beautiful places. (Selama liburan kami, kami mengunjungi banyak tempat-tempat indah yang berbeda).
  2. During the exam, we were not allowed to open a book. (Selama ujian, kita tidak diijinkan membuka buku).
  3. If you are in Canada, you must wear a winter jacket during the winter. Otherwise, you will get frozen to death. (Jika kamu di Kanada, kamu harus mengenakan jaket musim dingin selama musim dingin. Jika tidak, kamu akan mati kedinginan/membeku).

Note: for yang digunakan untuk menyatakan keterangan waktu pada perfect tense juga berarti selama, tetapi noun yang mengikutinya berbeda (i.e. for + hour/day/ week/months/year, etc.). INCORRECT JIKA kita bilang: during an hour, during a week, during a month, during three years, dst.

1 komentar:

On 22 Oktober 2012 pukul 23.32 , Anonim mengatakan...

nice article.. but where's the part one...???
please send to my e mail at fadzrysadamallmuhaibran@yahoo.co.id.
Thank's...!!! always luck with God.

 

GREEN DAY VIDEO






My Blog List

Popular Posts

Pengikut