Prepositions (Part 1)

Posted by Rama Van Basten under

Introduction

Dalam bahasa Indonesia sering kita gunakan kata-kata seperti ke, dari, di atas, di bawah, di dalam, di antara dan seterusnya. Dalam bahasa Inggris kata-kata tersebut menjadi to, from, on, under, in, between, dan seterusnya. Kata-kata seperti ini disebut kata depan atau dalam bahasa Inggris disebut prepositions. Sama halnya dalam bahasa Indonesia, prepositions juga ditempatkan sebelum noun (baik single noun maupun noun phrase) atau sebelum pronoun.

Penggunaan kata depan tertentu ada yang sangat sederhana. Dalam hal ini, anda hanya perlu mengetahui arti dari kata depan tersebut. Gambar di samping mengilustrasikan posisi dan arah suatu aktivitas (ditunjukkan oleh tanda panah) dari kata depan tertentu terhadap kotak hijau. Kata depan yang dimaksud antara lain, above, over ( di atas), on (di atas/ pada permukaan sesuatu), in (di dalam), out ( di luar), through (melalui), below, under, underneath (di bawah), beside (di samping), by, near (di dekat. Khusus untuk by juga bisa berarti melewati), to (ke), from (dari), into (masuk ke), out of (keluar dari). Dengan menggunakan ilustrasi di samping, perhatikan contoh berikut:

  1. Two big spiders are hanging above the green box. (Dua laba-laba besar sedang bergantungan di atas kotak hijau itu).
  2. Don’t sit on that green box. It’s very fragile. (Jangan duduk di atas kotak hijau itu. Kotaknya sangat mudah pecah).
  3. What is it in the green box? (Apakah di dalam kotak hijau itu?).
  4. I don’t know. It’s probably sugar in it because there are so many ants marching to the box. (Saya tidak tahu. Mungkin gula di dalamnya. karena ada begitu banyak semut sedang berarak-arakan ke/menuju kotak tersebut).
  5. Let’s have a closer look. Wow, apparently they have gone into and out of the box through that big hole. (Mari kita lihat lebih dekat. Woo, tampaknya mereka/semut-semut itu telah masuk dan keluar kotak melalui lubang besar itu).
  6. Sugar is scattering on the floor out of the box. (Gula berserakan di lantai di luar kotak tersebut).
  7. Let’s clean the floor, then we put another box beside the green one and the other box by the window. (Mari kita bersihkan lantainya, kemudian kita taruh satu kotak lagi di samping kotak berwarna hijau itu dan satu kotak lainnya di dekat jendela).
  8. What is it under the box? (Apakah dibawah kotak itu?)

Tetapi penggunaan kata depan tidak selalu seperti yang digambarkan di atas. Dalam hal ini, setiap definisi kata depan selalu memiliki perkecualian. Noun yang mengikutinya dan ekspresi-ekspresi yang ingin dikemukakan menentukan kata depan yang harus digunakan. Sebagai contoh,

  • The project will start in March. (Proyek itu akan dimulai pada bulan Maret).
  • The project will start on March, 2010. (Proyek itu akan dimulai pada bulan Maret tahun 2010).
  • She lives on Jalan Sudirman. (Dia tinggal di jalan Sudirman).
  • She lives at 10 Jalan Sudirman. (Dia tinggal di jalan Sudirman no. 10).

Pada contoh di atas, mungkin timbul pertanyaan “Kenapa digunakan in March dan on March, 2010 sedangkan dalam bahasa Indonesia sama-sama bisa menggunakan kata depan pada?” Dan “Kenapa digunakan on Jalan Sudirman dan at 10 Jalan Sudirman sedangkan dalam bahasa Indonesia sama-sama menggunakan kata depan di?” Saya sarankan anda tidak perlu mencari alasannya (nanti bingung), karena seperti yang telah disebutkan di atas, “setiap definisi kata depan selalu memiliki perkecualian”. Yang perlu dicatat adalah kapan kata depan tertentu digunakan (diikuti oleh noun apa dan untuk menyatakan ekspresi apa). Oleh karena itu, hafalkan dan bandingkan penggunaan dari tiap kata depan dengan kata depan lainnya.

Pada posting berikut, kita akan bahas penggunaan setiap kata depan mulai dari yang sederhana (the easy part) sampai yang kompleks (the hard part).

0 komentar:

GREEN DAY VIDEO

My Blog List

Popular Posts

Pengikut